Hubungan Konsep Diri Dengan Keterampilan Berkomunikasi (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XIPA-5SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017)

OLA, Yuneti Lipa (2017) Hubungan Konsep Diri Dengan Keterampilan Berkomunikasi (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XIPA-5SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
FILE BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
FILE BAB II.pdf

Download (185kB)
[img] Text
FILE BAB III.pdf

Download (160kB)
[img] Text
FILE BAB IV.pdf

Download (177kB)
[img] Text
FILE BAB V.pdf

Download (124kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: apakah ada hubugan antara konsep diri dengan keterampilan berkomunikasi siswa kelas X IPA-5 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan keterampilan berkomunikasi siswa kelas X IPA-5 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara tertulis dan alat pengumpul data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan rumus analisis korelasi product moment pada taraf signifikansi 5% dengan db = n – 2 = 31 – 2 = 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rhitung = 0,469. Hasil ini lebih besar dari rtabel = 0,367 pada taraf signifikasi 5% . artinya ada hubungan antara konsep diri dengan keterampilan berkomunikasi siswa kelas X IPA-5 SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsep diri memiliki hubungan dengan keterampilan berkomunikasi siswa kelas X IPA-5 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2016/2017.Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyampaikan saran kepada: 1) Kepala sekolah diharapkan dapat lebih mengkoordinir semua personil sekolah agar secara bersama – sama membantu mengembangkan konsep diri untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasinya. 2). Guru bimbingan dan konseling diharapkan agar tetap memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa terkait dengan konsep diri sehingga siswa dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasinya. 3). Guru mata pelajaran diharapkan agar menciptakan suasana yang kondusif dalam proses pembelajaran dan selalu memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapat dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi. 4). Siswa diharapkan dapat mengikuti kegiatan layanan BK yang diprogramkan oleh guru BK di sekolah agar dapat meningkatkan konsep diri untuk berkomunikasi secara baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:51
Last Modified: 27 Jan 2020 02:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1421

Actions (login required)

View Item View Item