Efektifitas Penerapan Strategi Pemodelan Kognitif Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa

SURYANI, Veciliana Irma (2019) Efektifitas Penerapan Strategi Pemodelan Kognitif Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (87kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pemodelan kognitif melalui bimbingan kelompok efektif peningkatan kepercayaan diri siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian adalah : untuk mengetahui keefektifan penerapan Strategi pemodelan kognitif melalui bimbingan kelompok dalam peningkatan kepercayaan diri siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan tipe pra- eksperimen dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket kepercayaan diri. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t, dan hasil analisis data menunjukkan nilai thitung sebesar 7,186 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 1% sebesar 4,032. Dengan demikian nilai thitung > nilai ttabel hal ini membuktikan bahwa strategi pemodelan kognitif melalui bimbingan kelompok efektif peningkatan kepercayaan diri siswa kelas VIII ASMP Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada: 1) Kepala Sekolah diharapkan untuk meningkatkan kerja sama dengan semua pihak baik guru BK sekolah maupun guru mata pelajaran untuk melancarkan kegiatan-kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan strategi pemodelan kognitif agar dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa. 2) Guru BK diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan bimbingan kepada siswa/siswi dengan menerapkan strategi pemodelan kognitif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. 3) Siswa agar secara sadar memanfaatkan strategi pemodelan kognitif melalui layanan bimbingan dan konseling yang diberikan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri. 4).Diharapkan agar meningkatkan kerjasama dengan guru BK sekolah untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 30 Jan 2020 04:26
Last Modified: 30 Jan 2020 04:26
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1483

Actions (login required)

View Item View Item