Komunikasi Interpersonal Tua Adat Dalam Tradisi Adat Hela Keta Suku Dawan, Timor (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Ainiut, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara)

MENI, Verena Mathildis (2024) Komunikasi Interpersonal Tua Adat Dalam Tradisi Adat Hela Keta Suku Dawan, Timor (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Ainiut, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB VI .pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Komunikasi Interpersonal Tua Adat dalam Tradisi Adat Hela Keta studi kasus pada masyarakat desa Ainiut, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU)” untuk mengetahui bagaimana tujuan komunikasi interpersonal tua adat dalam tradisi adat hela keta suku dawan,timor. Adapun jenis metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Dengan menggunakan teori Akomodasi komunikasi (Communication Acomodation Theory). Teknik penelitian dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, recorder, dan auditing. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskripsi kualitatif yang meliputi redukasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pada hasil penelitian, penulis menjelaskan deskriptif objek hasil penelitian, profil tempat penelitian, hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : komunikasi interpersonal diterapkan oleh tua adat sebagai sarana dalam proses ritual adat hela keta untuk membersihkan jalan, mengatasi hambatan dan perdamaian dengan leluhur. Adapun kendala atau hambatan dalam melaksanakan tradisi adat hela keta dalam hal persiapan yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan waktu yang dibutuhkan untuk menghadirkan kedua keluarga besar dari masing-masing mempelai laki-laki dan wanita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hela keta, atoni meto, tua adat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Verena Mathildis Meni
Date Deposited: 27 Feb 2024 05:57
Last Modified: 27 Feb 2024 05:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15136

Actions (login required)

View Item View Item