Pengaruh Brand Ambasador, Sosial Media Marketing, Dan Online Customer Review Dengan Dimediasi Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Pada Blibli Di Kota Kupang

KLAUDIA, Maria Vinsia (2024) Pengaruh Brand Ambasador, Sosial Media Marketing, Dan Online Customer Review Dengan Dimediasi Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Pada Blibli Di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (291kB)

Abstract

Maria Vinsia Klaudia 32119018 dengan judul penelitian “Pengaruh Brand Ambassador, Sosial Media Marketing, Online Customer Review Melalui Mediasi Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Pada Market Place Blibli Di Kota Kupang” dibawah bimbingan Bapak Drs.Ec. Gaudensius Djuang, MM selaku Pembimbing I dan Bapak Apriyanus Fallo, SE, MM selaku Pembimbing II. Blibli adalah perusahaan asli di Indonesia yang fokus membangun ekosistem berbelanja pilihan konsumen dan institusi melalui platfrom perdagangan yang aman untuk setiap hidup yang terpercaya. Salah satu e-commerce yang sering digunakan di Kota Kupang adalah aplikasi Blibli. Perkembangan data pengunjung/pengguna Blibli di kota Kupang setiap bulan selama tahun 2022 mengalami fluktuasi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui persepsi konsumen mengenai brand ambassador, sosial media marketing, online customer review, minat beli dan keputusan pembelian pada Market Place Blibli di Kota Kupang, (2) untuk mengetahui signifikansi pengaruh brand ambassador, sosial media marketing, online customer review secara parsial terhadap minat beli pada Market Place Blibli di Kota Kupang, (3) untuk mengetahui signifikansi pengaruh brand ambassador, sosial media marketing, online customer review secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Market Place Blibli di Kota Kupang, (4) untuk mengetahui minat beli mampu memediasi pengaruh brand ambassador, sosial media marketing, dan online customer review terhadap keputusan pembelian pada Market Place Blibli di Kota Kupang. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen di Kota Kupang yang menggunakan Marketplace Blibli, yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam menentukan sampel yang berdasarkan beberapa kriteria tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Google Form. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensif (Partial Least Square/PLS). Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel brand ambassador, sosial media marketing, online customer review, minat beli dan keputusan pembelian termasuk dalam kategori baik. Analisis PLS menunjukkan variabel brand ambassador, sosial media marketing, dan online customer review secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, sehingga hipotesis diterima. Variabel brand ambassador dan online customer review secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, sehingga hipotesis diterima. Variabel sosial media marketing berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, sehingga hipotesis ditolak. Variabel minat beli mampu memediasi brand ambassador dan online customer review terhadap keputusan pembelian. Variabel minat beli tidak mampu memediasi variabel sosial media marketing terhadap keputusan pembelian. Pengelola blibli diharapkan unutk membuat konten dengan desain yang kreatif, mudah dibaca dan dilengkapi dengan visual seperti gambar atau video untuk meningkatkan daya tarik dan konsumen akan lebih tertarik untuk menyimak konten yang dipromosikan, Penggunaan artis/brand ambassador yang memang menggunakn produk yang mereka promosikan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut. Karena kesannya mereka benar-benar mempercayai dan mengunakan produk tersebut secara pribadi, Pengelola Blibli perlu memastikan bahwa sumber informasi yang digunakan adalah sumber yang terpercaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Brand Ambassador, Sosial Media Marketing, Online Customer Review, Minat Beli dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Maria vinsia klaudia
Date Deposited: 18 Jul 2024 00:29
Last Modified: 18 Jul 2024 00:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/16467

Actions (login required)

View Item View Item