NDUN, Maria Aprilia Velangkani (2024) Penggunaan Sistem Pembayaran Quick Response Indonesian Standard (QRIS) Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Di Kota Kupang (Studi Kasus Pada UMKM Di Kecamatan Kota Raja). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (868kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (524kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (881kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (207kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT BEBAS PELAGIAT.pdf Download (584kB) |
Abstract
Judul skripsi “Penggunaan Sistem Pembayaran Quick Response Indonesian Standard (QRIS) Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Di Kota Kupang (Studi Kasus Pada UMKM Di Kecamatan Kota Raja)”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Respon UMKM Di Kecamatan Kota Raja Dalam Mengimplementasi QRIS? (2) Bagaimana Implementasi Penggunaan Sistem Pembayaran QRIS Mempengaruhi Pendapatan UMKM Dalam Transaksi Pembayaran? (3) Apa Faktor-Faktor Yang Menjadi Kendala Dari Sistem Pembayaran QRIS?. Tujuan penelitian untuk menilai respon dan adopsi QRIS oleh UMKM di Kecamatan Kota Raja, mengidentifikasi dampaknya terhadap pendapatan UMKM, serta menganalisis kendala implementasi QRIS di Kota Kupang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk melihat bagaimana penggunaan sistem pembayaran Quick Response Indonesian Standard (QRIS) dalam meningkatkan pendapatan UMKM di Kota Raja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) QRIS Meningkatkan Efisiensi Operasional, Pengalaman Pelanggan, dan Stabilitas Pendapatan UMKM. (2) Penggunaan QRIS Memberikan Dampak Positif Yang Signifikan Pada Pendapatan UMKM, Dengan Peningkatan Pendapatan yang Mampu Menutupi Biaya Administrasi dan Mendorong Minat Belanja Pelanggan. (3) Perlu Upaya Berkelanjutan Untuk Mengatasi Kendala Teknologi dan Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Agar Manfaat QRIS Optimal. Faktor-Faktor Penting Adalah Peningkatan Infrastruktur Teknologi, Pelatihan Digital, dan Sosialisasi QRIS. Saran Kepada (1) Pelaku UMKM perlu memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka untuk mengadopsi inovasi terbaru seperti QRIS. (2) Bank Indonesia dapat meningkatkan pemanfaatan QRIS untuk UMKM dengan penyuluhan intensif, memfasilitasi kerja sama antara UMKM, penyedia teknologi, dan lembaga keuangan, serta mengembangkan infrastruktur QRIS untuk perluasan jaringan transaksi, keamanan, dan biaya transaksi yang lebih efisien. (3) Peneliti selanjutnya dapat mengeksplorasi dampak QRIS pada UMKM dari berbagai sektor dan wilayah, melakukan analisis kualitatif mendalam, mengevaluasi efek jangka panjang QRIS, serta melakukan penelitian komparatif dengan negara lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | QRIS, Pendapatan UMKM, Kota Raja |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi |
Depositing User: | Maria Aprilia Velangkani Ndun |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 00:30 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 00:30 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/17199 |
Actions (login required)
View Item |