Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Di SMPK St. Agustinus Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2023/2024

LAILU, Benedikta Rambu Peda (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Di SMPK St. Agustinus Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (502kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA khususnya Biologi. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang mengaktifkan peserta didik, sehingga peserta didik memiliki peran aktif dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Peseta didik Kelas VII Pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya di SMPK St. Agustinus Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPK. St. Agustinus Adisucipto Penfui Kupang dan sampel dalam penelitian adalah peserta didik Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan Kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing rata-rata nilai pretest 53,23 dan posttest 81,61, N-Gain 0,60 termasuk kategori tinggi. Sedangkan untuk kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung rata-rata nilai pretest 45,5 dan posttest 72,5, N-Gain 0,48 termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil uji anacova menunjukan signifikan 0,001<0,05 sehingga hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya di SMPK St. Agustinus Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Peserta Didik, materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Benedikta R. P. Lailu
Date Deposited: 15 Oct 2024 06:45
Last Modified: 15 Oct 2024 06:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/17414

Actions (login required)

View Item View Item