SAPUTRA, Carolus Manuel Yakob (2024) Pengaruh Metode Outdoor Learning Process (OLP) Melalui Pemanfaatan Taman Sekolah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (583kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (159kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (37kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SUKET BEBAS PLAGIAT.pdf Download (176kB) |
Abstract
Proses pembelajaran yang baik adalah proses pembelajaran yang dapat melibatkan keaktifan peserta didik. Namun kenyataan yang terjadi di SMP Negeri 2 Kupang yaitu proses pembelajaran yang berlangsung belum optimal, peserta didik kurang antusias terhadap pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru karena proses pembelajaran yang digunakan kurang menarik serta hasil belajar peserta didik juga rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui pengaruh metode Outdoor Learning Process melalui pemanfaatan taman sekolah terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri 2 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif dengan Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII, dengan sampel yang digunakan adalah kelas VII K sebagai kelas eksperimen dan kelas VII J sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menerapkan metode outdoor learning process rata-rata nilai pretest 49,06 dan posttest 80,93, N-Gain 0,62 termasuk kategori tinggi. Sedangkan untuk kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung rata-rata nilai pretest 46,87 dan posttest 75,93, N-Gain 0,53 termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil uji anacova menunjukkan signifikan 0,035 < 0,05 sehingga hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah metode outdoor learning process melalui pemanfaatan taman sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2023/2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Outdoor Learning Process, Hasil Belajar Peserta Didik, Klasifikasi Makhluk Hidup |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Carolus Manuel Yakob Saputra |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 00:42 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 00:42 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/17510 |
Actions (login required)
View Item |