MONA, Handly Bernadus Biku (2024) Pengaruh Pesan Kelangkaan, Kompetisi Konsumen, Dan Konsep Diri Dimediasi Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pria Di Toko Ego Brothers Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (986kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (480kB) |
Abstract
Handly B. B Mona (32119122), dengan judul penelitian “Pengaruh Pesan Kelangkaan, Kompetisi Konsumen, dan Konsep Diri Dimediasi Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pria di Toko Ego Brothers Kota Kupang” di bawah bimbingan Bapak Drs.Ec. Gaudensius Djuang, MM selaku Pembimbing I dan Ibu Selfiana Goetha, SE, MM selaku Pembimbing II. Ego Brothers merupakan usaha ritel yang menyediakan beberapa kebutuhan pakaian pria, aksesoris dan perlengkapan lainnya bagi segala kalangan, baik pelajar maupun pekerja. Perkembangan data penjualan pakaian pria pada Toko Ego Brothers di Kota Kupang Januari 2018 - Januari 2022 mengalami fluktuasi. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui persepsi konsumen tentang pesan kelangkaan, kompetisi konsumen, gambaran konsep diri, gaya hidup dan keputusan pembelian pakaian pria pada Toko Ego Brothers Kota Kupang. (2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh pesan kelangkaan, kompetisi konsumen dan konsep diri secara parsial terhadap gaya hidup pada keputusan pembelian pakaian pria pada Toko Ego Brothers Kota Kupang. (3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh pesan kelangkaan, kompetisi konsumen, konsep diri dan gaya hidup secara parsial terhadap keputusan pembelian pakaian pria pada Toko Ego Brothers Kota Kupang. (4) Untuk mengetahui gaya hidup memediasi pengaruh pesan kelangkaan, kompetisi konsumen dan konsep diri terhadap keputusan pembelian pakaian pria pada Toko Ego Brothers Kota Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pria yang ada di Kota Kupang yang pernah melakukan pembelian pakaian pria di Toko Ego Brothers. Sampel dalam penelitian ini yaitu 114 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menurut sumbernya yaitu data primer dan data sekunder, sedangkan menurut sifatnya meliputi data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial (PLS). Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel pesan kelangkaan, kompetisi konsumen, konsep diri, gaya hidup, dan keputusan pembelian, semua variabel ini termasuk dalam kategori cukup baik. Hasil analisis statistik inferensial (PLS) menunjukkan bahwa: (1) kompetisi konsumen dan konsep diri secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap gaya hidup, sedangkan pesan kelangkaan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap gaya hidup dalam pembelian pakaian pria di Toko Ego Brothers Kota Kupang. (2) kompetisi konsumen dan gaya hidup secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan pesan kelangkaan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dan konsep diri berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian pakaian pria di Toko Ego Brothers Kota Kupang. (3) variabel gaya hidup mampu memediasi pengaruh kompetisi konsumen dan konsep dri terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel gaya hidup tidak memediasi pengaruh pesan kelangkaan terhadap keputusan pembelian pakaian pria di Toko Ego Brothers Kota Kupang. Nilai koefisien determinasi (R2) variabel gaya hidup sebesar 50,8%, dan keputusan pembelian sebesar 57,7%, sisanya sebesar 49,2% dan 42,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada Toko Ego Brothers Kota Kupang agar lebih konsisten dalam melakukan promosi penjualan, secara khusus ketika menjual pakaian pria langka dengan jumlah terbatas . Toko Ego Brothers Kota Kupang perlu mengembangkan pakaian pria secara khusus pada keaslian merek dan kualitasnya dan harus konsisten dalam menyediakan pakaian pria bermerek, sehingga saat berkompetisi konsumen tidak kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pakaian pria yang diinginkan.Toko Ego Brothers Kota Kupang perlu menambah pakaian pria dengan model mewah dan ekslusif yang dapat membangun kepribadian konsumen sesuai dengan konsep diri atau gambaran diri mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pesan Kelangkaan, Kompetisi Konsumen, Konsep Diri, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Handly bernadus biku mona |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 05:32 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 05:32 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/18659 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |