Analisis Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kupang Kota

ARON, Matilda Ersetia S.M.Yehuda (2025) Analisis Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kupang Kota. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN KETERANGAN PLAGIAT.pdf

Download (386kB)

Abstract

Penelitian pada skripsi ini mengkaji tentang “Analisiss Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kupang Kota”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisi Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Kupang Kota. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan mengunakan teknik pengambilan data melalui kuisioner, wawancaea,obserbasi dan dokumentasi. Jenis pengambilan sampel yaitu sampling acak (Simple Random Sampling), jumlah responden 30 dan Skala Pengukuran menggunakan Scale Likert, yaitu dengan angka 1 – 5 untuk menentukan bobot jawaban setiap pertanyaan seperti : sangat puas dengan bobot 5, puas dengan bobot 4, cukup puas dengan bobot 3, tidak puas dengan bobot 2, dan sangat tidak puas dengan bobot 1. Teknik Pengolahan Data pada penelitian ini meliputi Editing, Koding, dan Tabulasi. Analisis Data dilakukan dengan mengolah, menginterpretasikan dan menarik kesimpulan. Penelitian ini mengadopsi Teori Kepuasan Pasien yang dikemukan oleh Imbalo S. Pohan (2015:152) dengan indikator Akses Layanan Kesehatan, Mutu Layanan Kesrhatan, Proses Layanan Kesehatan, Sistem Layanan Kesehatan. Hasil Penelitian pada indikator Akses Layanan Kesehatan menunjukan bahwa Puskesmas Kupang Kota memberikan pelayanan yang memuaskan terhadap masyarakat, yang mencakupi fasilitas, lokasi, jumlah tenaga medis, kualitas layanan, ketersediaan informasi, kecepatan dalam menyiapkan obat, kebanyakan masyarakat merespon sangat puas dan puas. Hal ini menunjukan Secara keseluruhan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap Akses Layanan Kesehatan mayoritas responden merasa puas dan sangat puas dengan kemudahan yang diberikan oleh Puskesmas Kupang Kota. Indikator Mutu Layanan Kesehatan pada Indikator ini menilai kualitas pelayanan medis dan non-medis yang diberikan oleh petugas kesehatan hal ini mencakupi peralatan medis, perhatian, tepat waktu dalam pelayanan, cepat dalam merespon, rasa aman dan nyaman, peraturan untuk keselamatan, informasi perawatan serta penyampain keluhan pasien, memberikan dampak yang baik kepada masyarakat yang berkunjung. Hasil pada indikator Mutu Layanan Kesehatan menunjukkan tingkat kepuasan yang sangat tinggi, di mana sebagian besar responden merasa puas atau sangat puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan di Puskesmas Kupang Kota. indikator Proses Layanan Kesehatan, pada Indikator ini mengevaluasi alur pelayanan, waktu tunggu, dan efisiensi proses pendaftaran hingga selesai mendapatkan layanan. Hal ini mencakupi pemeriksaan yang memadai, merasa nyaman untuk bertanya, keefektifan pengobatan, waktu tunggu, komunikasi, pelaksanaan tindakan medis, serta pemahaman dalam menanggapi instruksi, rata-rata masyarakat merespon dengan sangat baik. Meskipun masih terdapat ruang untuk perbaikan, mayoritas responden merasa puas atau sangat puas dengan Proses Layanan Kesehatan di Puskesmas Kupang Kota, terutama terkait dengan kejelasan alur dan efisiensi petugas. Indikator Sistem Layanan Kesehata, ini menilai aspek organisasi dan manajemen pelayanan kesehatan, termasuk ketersediaan fasilitas, kebersihan, dan kenyamanan. yang meliputi mekanisme rujukan, saluran penyampaian saran, perhatian, perlakuan adil dan setara, pelayan tanpa memandang status, dan keberlanjutan. Dari aspek-aspek ini mayoritas masyarakat merespon dengan sangat baik, maka hal ini menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap Sistem Layanan Kesehatan di Puskesmas Kupang Kota. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan kesehatan di Puskesmas Kupang Kota sangat tinggi. Hal ini tercermin dari respons positif pada seluruh indikator, yaitu Akses Layanan Kesehatan, Mutu Layanan Kesehatan, Proses Layanan Kesehatan, dan Sistem Layanan Kesehatan. Mayoritas responden merasa puas hingga sangat puas terhadap fasilitas, kualitas pelayanan, alur proses, serta sistem manajemen yang diterapkan. Dengan demikian, Puskesmas Kupang Kota dinilai mampu memberikan pelayanan kesehatan yang baik, efektif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Kesehatan, dan Puskesmas Kupang Kota.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Matilda Ersetia S.M.Yehuda Aron
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:57
Last Modified: 18 Sep 2025 03:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/21566

Actions (login required)

View Item View Item