Profil Kepercayaan Diri Siswa Dan Implikasinya Bagi Pengembangan Program Bimbingan Pribadi (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIID SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019)

SAMON, Serafinus Demon (2019) Profil Kepercayaan Diri Siswa Dan Implikasinya Bagi Pengembangan Program Bimbingan Pribadi (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIID SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (74kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana profil kepercayaan diri siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Kupang, tahun pelajaran 2018/2019? 2. Apa implikasinya bagi pengembangan program Bimbingan Pribadi di SMP Negeri 1 Kupang, tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian : 1. Untuk mengetahui profil kepercayaan diri siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Kupang, tahun pelajaran 2018/2019. 2. Untuk mengetahui implikasi dari profil kepercayaan diri siswa bagi pengembangan program bimbingan pribadi pada siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Kupang, tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah : jenis analisis deskriptif kuantitatif. Alat pengumpul data menggunakan angket kepercayaan diri. Teknik analisis data menggunakan analisis kecenderungan pusat/ Tendency central. Hasil analisis data diperoleh skor kepercayaan diri siswa sebesar 197,3 berada di antara rentangan skor 164-202, Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka kepercayaan diri siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori tinggi. Bertolak dari hasil analisis data penelitian, maka peneliti memberikan saran kepada 1. Kepala sekolah selaku penanggung jawab sekolah, diharapkan membuat kebijakan dan menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan bimbingan dan konseling yang sudah ada di sekolah agar semakin lebih baik dan diharapkan untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan kerja sama yang baik dengan guru BK, wali kelas dan guru mata pelajaran untuk selalu memperhatikan masalah kepercayaan diri siswa. 2. Guru BK hendaknya menjalin kerja sama yang baik dengan wali kelas dan guru mata pelajaran untuk mendapatkan informasi tentang siswa yang mengalami masalah untuk ditindaklanjuti dalam layanan bimbingan pribadi sehingga siswa dapat mengetahui tingkat kepercayaan diri yang dimiliki. 3. Siswa diharapkan untuk memanfaatkan program bimbingan pribadi yang ada di sekolah sebagai sarana untuk mengenal dan meningkatkan kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 13 Mar 2020 01:47
Last Modified: 13 Mar 2020 01:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2158

Actions (login required)

View Item View Item