Konsep Pendidikan Jean Jacques Rousseau dan Relevansinya bagi Pertumbuhan Demokrasi di Indonesia Era Reformasi

MANEK, Deonzio (2025) Konsep Pendidikan Jean Jacques Rousseau dan Relevansinya bagi Pertumbuhan Demokrasi di Indonesia Era Reformasi. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (442kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (523kB)

Abstract

Pendidikan memiliki peranan penting dalam membentuk karakter dan pola pikir warga negara, khususnya dalam mendukung pertumbuhan demokrasi yang sehat. Di Indonesia, demokrasi sebagai sistem politik masih menghadapi berbagai tantangan, seperti rendahnya partisipasi kritis masyarakat, dominasi pola pikir otoriter, serta lemahnya kesadaran individu terhadap hak dan kewajiban sipil. Masalah ini tidak terlepas dari paradigma pendidikan nasional yang masih berorientasi pada hafalan, ketundukan terhadap otoritas, serta minimnya ruang bagi pengembangan pemikiran bebas dan kritis di kalangan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan menurut Jean-Jacques Rousseau dan menganalisis relevansinya terhadap pertumbuhan demokrasi di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Data diperoleh melalui analisis terhadap karya-karya primer Rousseau, terutama Émile, ou De l’éducation, serta berbagai literatur sekunder yang membahas tentang filsafat pendidikan Rousseau dan teori-teori demokrasi modern. Analisis dilakukan dengan cara mendeskripsikan gagasan utama Rousseau tentang pendidikan, kemudian mengkaitkannya dengan prinsip-prinsip dasar demokrasi, seperti kebebasan, kesetaraan, partisipasi, dan tanggung jawab sosial. Setelah itu, dilakukan telaah kritis terhadap kondisi pendidikan dan demokrasi di Indonesia untuk menilai sejauh mana gagasan Rousseau dapat diadaptasi dan diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Demokrasi, Pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BD Speculative Philosophy
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Filsafat > Program Studi Ilmu Filsafat
Depositing User: DEONIZIO MANEK
Date Deposited: 24 Oct 2025 02:10
Last Modified: 24 Oct 2025 02:10
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/22127

Actions (login required)

View Item View Item