USFINIT, Ernasius A. P. (2019) Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Cak Doko Dan Tompelo. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
01. Abstrak - Daftar isi-dikompresi.pdf Download (537kB) |
|
Text
02. Bab 1 - OK.pdf Download (22kB) |
|
Text
03. Bab 2 - OK.pdf Download (136kB) |
|
Text
04. Bab 3 - OK.pdf Download (176kB) |
|
Text
05. Bab 4 - OK-dikompresi.pdf Download (762kB) |
|
Text
06. Bab 5.pdf Download (26kB) |
Abstract
Hambatan samping menurut Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 adalah interaksi antara arus lalu lintas dengan kegiatan di samping jalan raya yang mengakibatkan pengurangan terhadap arus jenuh di dalam pendekatan. Hambatan samping yang dimaksud adalah berupa pejalan kaki, kendaraan yang berhenti sementara atau kecepatan kendaraan yang mencapai 0 km/jam, kendaraan yang parkir, kendaraan yang masuk dan keluar melalui lahan samping jalan, serta kendaraan tidak bermotor seperti sepeda. Jenis-jenis hambatan samping seperti inilah yang seringkali mengganggu kelancaran lalu lintas ruas jalan Cak Doko dan Tompelo. Oleh karena itu, hambatan samping perlu dikelola dengan lebih baik agar dapat meningkatkan kelancaran lalu lintas. Penelitian dilakukan selama 6 hari, yaitu pada hari Senin sampai Sabtu. Pengambilan data secara langsung di lapangan, untuk volume lalu lintas, kecepatan kendaraan dan data hambatan samping dibagi per 15 menit. Selanjutnya dilakukan analisa data menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Tahun 1997. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa titik dengan kinerja ruas jalan terburuk adalah Titik III, bobot maksimum hambatan samping 1060,70 tergolong sangat tinggi dengan tingkat pelayanan C tergolong kurang baik. Solusi yang dapat ditawarkan adalah dengan menghilangkan hambatan samping yang sering menghambat kelancaran lalu lintas yaitu penyebrang jalan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hambatan Samping, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Cak Doko dan Tompelo. |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | andre berek |
Date Deposited: | 18 Mar 2020 02:05 |
Last Modified: | 18 Mar 2020 02:05 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2274 |
Actions (login required)
View Item |