Efektifitas Penerapan Teknik Self- Management Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kebiasaan Terlambat Masuk Sekolah (Studi Deskriptif-Kuantitatif pada Siswa Kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020)

KENJAM, Yosefina (2020) Efektifitas Penerapan Teknik Self- Management Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kebiasaan Terlambat Masuk Sekolah (Studi Deskriptif-Kuantitatif pada Siswa Kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020). Diploma thesis, Universitas Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (209kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Teknik SelfManagement melalui layanan bimbingan kelompok efektif mengurangi kebiasaan terlambat masuk sekolah pada siswa kelas XI IPA1 tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan teknik self-management melalui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi kebiasaan terlambat masuk sekolah pada siswa kelas XI IPA1 SMAK Sint. Carolus Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan tipe pra-eksperimen. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kebiasaan terlambat masuk sekolah. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai t hitung sebesar 4,893 sedangkan nilai t tabel pada taraf signifikansi 1% dengan db=N-2 sebesar 3,707. Dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa teknik self-management melalui layanan bimbingan kelompok dapat mengurangi kebiasaan terlambat masuk sekolah pada siswa kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada: 1) Kepala Sekolah diharapkan untuk meningkatkan kerja sama dengan guru BK untuk memperlancar kegiatan-kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik selfmanagement agar dapat membantu siswa mengurangi kebiasaan terlambat masuk sekolah. 2) Guru-guru diharapkan untuk meningkatkan kerja sama dengan guru BK dengan menginformasikan kepada guru BK mengenai siswa yang memiliki kebiasaan terlambat masuk sekolah agar dapat ditindaklanjuti dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management untuk meminimalisir kebiasaan tersebut. 3) Guru BK diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa dengan teknik self-management untuk mengurangi kebiasaan terlambat masuk sekolah. 4) Siswa diharapkan agar memanfaatkan setiap layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management yang diberikan agar dapat mengurangi kebiasaan terlambat masuk sekolah.DAFTAR ISI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 08 Jul 2020 04:43
Last Modified: 08 Jul 2020 04:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2752

Actions (login required)

View Item View Item