Model Hubungan Kecepatan, Volume, Kepadatan Dan Derajat Kejenuhan Jalan (Ruas Jalan Timor Raya Dari Lampu Merah Oesapa Sampai Simpang Tiga Jalan Prof. Dr. Herman Johanes Kota Kupang)

LAHUR, Adrianus Defri (2019) Model Hubungan Kecepatan, Volume, Kepadatan Dan Derajat Kejenuhan Jalan (Ruas Jalan Timor Raya Dari Lampu Merah Oesapa Sampai Simpang Tiga Jalan Prof. Dr. Herman Johanes Kota Kupang). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
1.pdf

Download (534kB)
[img] Text
2-Bab I.pdf

Download (42kB)
[img] Text
3-BAB II.pdf

Download (205kB)
[img] Text
4-BAB III.pdf

Download (169kB)
[img] Text
5-BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6.pdf

Download (59kB)

Abstract

Jalan Timor Raya dari lampu merah Oesapa sampai simpang tiga jalan Prof. Dr. Herman Johanes sering mengalami masalah seperti: kemacetan, antrian dan tundaan, masalah-masalah tersebut dipengaruhi oleh peningkatan volume kendaraan setiap tahun di kota Kupang, tataguna lahan sepanjang jalan Timor Raya, pertumbuhan wilayah di luar kota Kupang, jalan Timor Raya sebagai penghubung dengan kabupaten Kupang dan daerah sekitarnya, jalan Timor Raya sebagai penghubung dengan daerah wisata pantai dan pendidikan. Untuk mengatasi masalah kemacetan lalu lintas pada ruas jalan ini terlebih dahulu diperlukan pengetahuan mengenai karakteristik lalu lintas dan model hubungan antara karakteristik volume (V), kecepatan (S), dan kepadatan (D) lalu lintas, sesuai dengan kondisi yang ada. Survei data meliputi volume dan kecepatan lalu lintas dengan metode manual count, sedangkan analisis model meliputi model greenshield, greenberg, dan underwood. Setelah menganalisis model dilakukan perhitungan tingkat pelayanan jalan Timor Raya. Dalam penelitian ini ruas jalan yang di teliti dibagi dalam tiga ruas atau segmen, dengan hasil analisisi sebagai berikut: titik pengamatan 1 model hubungan V-S-D yang sesuai untuk jalan Timor Raya adalah mengikuti model Underwood dengan nilai r = 0.77 dengan model Us = 31.96 x exp (-D/199.38) dan nilai tingkat pelayanan jalan C – F. titik pengamatan 2 model hubungan V-S-D yang sesuai untuk jalan Timor Raya adalah mengikuti model Underwood dengan nilai r = 0.42 dengan model Us = 33.29 x exp (-D/166.66) dan nilai tingkat pelayanan jalan B – D. titik pengamatan 3 model hubungan V-S-D yang sesuai untuk jalan Timor Raya adalah mengikuti model Underwood dengan nilai r = 1.81 dengan model Us = 40.70 x exp (-D/131.93) dan nilai tingkat pelayanan jalan B – C.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model hubungan, greenshield, greenberg, underwood, derajat kejenuhan (DS)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 29 Jul 2020 05:43
Last Modified: 29 Jul 2020 05:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2869

Actions (login required)

View Item View Item