Model Bangkitan Perjalanan Pada Kawasan Permukiman (Studi Kasus : Blok A Sampai Blok G Perumahan BTN Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang)

YOBAN, Virgilius Andu (2019) Model Bangkitan Perjalanan Pada Kawasan Permukiman (Studi Kasus : Blok A Sampai Blok G Perumahan BTN Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
1 Cover Sampai Daftar Gambar.pdf

Download (285kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (818kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (557kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (911kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (181kB)

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk dengn berbagai jenis aktivitasnya guna pemenuhan kebutuhan hidup mengakibatkan timbulnya bangkitan pergerakan yang berdampak pada permasalahan transportasi seperti kemacetan, keterlambatan, kebisingan, serta polusi udara akibat besarnya perjalanan atau pergerakan yang terjadi di waktu yang bersamaan yang juga mengakibatkan pembebanan lalu lintas yang besar pada ruas jalan menuju tempat beraktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan bangkitan perjalanan atau pergerakan serta pola sebaran atau distribusi perjalanan yang dilakukan penduduk Perumahan BTN Kolhua (Blok A sampai Blok G). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan data yang dibutuhkan berupa data primer serta data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara kuisioner secara acak terhadap penduduk Perumahan BTN Kolhua (Blok A sampai Blok G). Sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi-instansi setempat yang berisikan jumlah penduduk Kelurahan Kolhua serta jumlah Kepala Keluarga (KK) di Perumahan BTN Kolhua khususnya Blok A sampai Blok G. Hasil wawancara kuisioner dianalisis menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS 16. Variabel bebas yang diukur berupa jumlah anggota keluarga (X1), pendapatan rata-rata keluarga per bulan (X2), jumlah kendaraan yang dimiliki (X3), jumlah anggota keluarga yang bekerja (X4), jumlah anggota keluarga yang bersekolah (X5), jarak perjalanan (X6), waktu perjalanan (X7), jenis kendaraan yang digunakan (X8) serta variabel bebas yakni bangkitan perjalanan (Y). Pemodelan yang dihasilkan untuk bangkitan perjalanan adalah Y = 10,597 + 1,528 X1 + 1,255 X4 + 1,054 X6a + 1,180 X6b + 0,918 X7a + 0,583 X8a + 1,393 X8b. Hal ini menunjukan bahwa jumlah anggota keluarga, jumlah anggota keluarga yang bekerja, jarak perjalanan ke tempat kerja, jarak perjalanan ke tempat pendidikan, waktu tempuh ke tempat kerja, jenis kendaraan yang digunakan ke tempat kerja serta jenis kendaraan yang digunakan ke tempat pendidikan merupakan faktor-faktor yang menyebabkan bangkitan pergerakan penduduk Perumahan BTN Kolhua (Blok A sampai Blok G). Diperoleh juga jumlah pergerakan terbesar yaitu pergerakan yang terjadi di Kecamatan Maulafa yakni 348 pergerakan per hari yang digambarkan dalam bentuk peta garis keinginan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penduduk, Perjalanan, Bangkitan, Distribusi, Regresi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 29 Jul 2020 05:51
Last Modified: 29 Jul 2020 05:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2872

Actions (login required)

View Item View Item