Kajian Hubungan Antara Pola Jaringan Angkutan Umum Dengan Load Factor Terminal Belo -Terminal Kupang PP (Lokasi Studi Lampu 1 dan 5)

DIDA, Ghandi Johanis Hega (2019) Kajian Hubungan Antara Pola Jaringan Angkutan Umum Dengan Load Factor Terminal Belo -Terminal Kupang PP (Lokasi Studi Lampu 1 dan 5). Diploma thesis, Universitas Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (81kB)

Abstract

Angkutan umum di Kota Kupang biasanya mulai beroperasi dari jam 06.00 pagi sampai dengan jam 19.00 malam. Layanan angkutan umum pada trayek lampu 1 dan lampu 5 di beberapa ruas jalan terdapat rute yang berimpitan dan tidak berimpitan. Rute yang berimpitan mulai dari Oepura sampai Kuanino, SMA Negeri 1 Kota Kupang, dan Terminal Kupang sampai Oeba. Pada jam-jam sibuk angkutan umum yang ada cenderung digunakan melebihi kapasitas maksimumnya terutama pada saat jam masuknya anak sekolah dan keluarnya anak sekolah. Keadaan sebaliknya terjadi pada jam-jam tidak sibuk, kendaraan umum setengah kosong (jumlah dibawah kapasitas maksimal penumpang) dan harus melakukan kompetisi dengan angkutan umum lainnya untuk mendapatkan penumpang. Ada juga dari beberapa angkutan umum melakukan potong trayek Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berrapa besar nilai Load Factor pada Terminal BeloTerminal Kupang PP(Pergi–Pulang) Lampu 1 dan 5 dan apakah ada perilaku potong trayek pada Terminal Belo-Terminal Kupang PP(Pergi–Pulang) Lampu 1 dan 5. Studi ini menggunakan parameter- parameter yaitu: Load factor, kecepatan perjalanan, waktu tempuh dan waktu antara (Headway) atau waktu tunggu. Setelah dilakukan analisis dari data yang diperoleh di lapangan, didapat nilai load factor trayek lampu 1 adalah 58,20% dan trayek lampu 5 adalah 51,56% dan angkutan umum lampu 5 merupakan angkutan umum yang sering melakukan potong trayek. Lokasi yang biasa dilakukan potong trayek pada lampu 5 adalah di Terminal Oepura, Gereja Santo Yosep, SMA Negeri 1 Kota Kupang dan Jln. Gunung Mutis kupang. Potong trayek ini dilakukan biasanya pada saat jam keluarnya anak sekolah dan pada jam tidak sibuk, hal ini dilakukan karena nilai load faktornya yang berada di bawah standar 70% yaitu 51,56%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Load Factor, Angkutan Umum, Kecepatan Perjalanan, Waktu Perjalanan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:37
Last Modified: 05 Aug 2020 04:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2919

Actions (login required)

View Item View Item