TARI, Eunike Stephanie (2020) Profil Keterampilan Interpersonal Siswa Dan Implikasinya Bagi Pengembangan Program Bimbingan Pribadi-Sosial (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas X IPA 1 SMAK Sint. Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (735kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (97kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (139kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (188kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (220kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (99kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana profil keterampilan interpersonal siswa kelas X IPA1 SMAK Sint Carolus Kupang, tahun pelajaran 2019/2020? 2) Apa implikasinya bagi pengembangan program Bimbingan Pribadi-Sosial di SMAK Sint. Carolus Kupang, tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian : 1) Tujuan umum untuk mengetahui profil keterampilan interpersonal siswa kelas X IPA1 SMAK Sint. Carolus Kupang tahun pelajaran 2019/2020 bagi pengembangan program bimbingan pribadi-sosial. 2) Tujuan khusus untuk mengetahui : a) Kemampuan berinisiatif siswa kelas X IPA1 SMAK Sint. Carolus Kupang tahun pelajaran 2019/2020. b) Kemampuan bersikap terbuka siswa kelas X IPA1 SMAK Sint. Carolus Kupang tahun pelajaran 2019/2020. c) Kemampuan bersikap asertif siswa kelas X IPA1 SMAK Sint. Carolus Kupang tahun pelajaran 2019/2020. d) Kemampuan memberikan dukungan emosional siswa kelas X IPA1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2019/2020. e) Kemampuan mengatasi konflik siswa kelas X IPA1 SMAK Sint. Carolus Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Alat pengumpul data menggunakan angket keterampilan interpersonal. Teknik analisis data menggunakan analisis kecenderungan pusat/ tendency central. Hasil analisis data diperoleh skor keterampilan interpersonal siswa sebesar 135,9, skor ini berada diantara rentangan skor 106-138, Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka keterampilan interpersonal siswa kelas X IPA1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2019/2020 termasuk dalam kategori sedang. Bertolak dari hasil analisis data penelitian, maka peneliti memberikan saran kepada 1) Kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi diharapkan dapat membangun koordinasi yang baik dengan wali kelas dan guru BK untuk meningkatkan keterampilan interpersonal siswa. 2) Guru BK diharapkan lebih intensif dalam menyusun dan mengembangkan layanan bimbingan pribadi-sosial guna membantu mengatasi masalah yang dialami siswa khususnya masalah keterampilan interpersonal. 3) Siswa diharapkan lebih aktif dalam mengikuti dan memanfaatkan layanan bimbingan pribadi-sosial yang ada di sekolah sebagai sarana untuk mengenal dan meningkatkan keterampilan interpersonal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 07 Oct 2020 00:23 |
Last Modified: | 07 Oct 2020 00:23 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3337 |
Actions (login required)
View Item |