Penerapan Teknik Relaksasi Melalui Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Stres Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 10 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020

NAITILI, Ronaldo Alexander Dixon (2020) Penerapan Teknik Relaksasi Melalui Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Stres Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 10 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (677kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (825kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (213kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan teknik relaksasi melalui konseling kelompok dapat mengurangi stres belajar siswa kelas VIIIa SMP Negeri 10 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan teknik relaksasi melalui konseling kelompok dalam mengurangi disiplin siswa kelas VIIIa SMP Negeri 10 Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe pra-eksperimen one group pretest-posttest design. Alat Pengumpul data yang digunakan adalah angket stres belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data menunjukkan nilai thitung sebesar 12,822 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 1% dengan dk = N-2 sebesar 2,797. Dengan demikian nilai thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa teknik relaksasi melalui layanan konseling kelompok dapat mengurangi stres belajar siswa kelas VIIIa SMP Negeri 10 Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis memberikan saran kepada : 1. Kepala sekolah, diharapkan untuk meningkatkan kerjasama dengan semua pihak baik guru BK, guru mata pelajaran dan wali kelas untuk melancarkan kegiatan konseling kelompok dengan relaksasi agar dapat membantu menurunkan stres belajar siswa. 2. Guru wali kelas, diharapkan agar bekerjasama dengan guru BK di sekolah, dan selalu memberikan informasi tentang siswa yang mengalami stres belajar agar dapat dibantu oleh guru BK melalui layanan konseling kelompok untuk menangani masalah tersebut. 3. Guru BK, diharapkan untuk secara berkelanjutan melaksanakan layanan konseling kelompok dengan teknik relaksasi untuk membantu siswa yang mengalami stres belajar. 4. Siswa, diharapkan untuk secara aktif mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik relaksasi yang dilaksanakan guru BK untuk mengatasi masalah siswa stres belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 07 Oct 2020 00:38
Last Modified: 07 Oct 2020 00:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3344

Actions (login required)

View Item View Item