KOWA, Benediktus (2020) Profil Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian dan Implikasinya Bagi Pengembangan Program Bimbingan Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS1 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
Text
COVER - ABSTRAK.pdf Download (245kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (171kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (185kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (436kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (452kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (94kB) |
Abstract
Masalah umum dalam penelitian ini adalah bagaimana profil kecemasansiswa kelas XI IPS1SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2019/2020dalam menghadapi ujian?Masalah khusus dalam penelitian ini adalah 1). Apa implikasi dari aspek fisiologis bagi pengembangan program bimbingan belajar pada siswa kelas XI IPS1SMA Negeri 4 Kupangtahun pelajaran 2019/2020?. 2).Apa implikasi dari aspek kognitif bagi pengembangan program bimbingan belajar pada siswa kelas XI IPS1SMA Negeri 4 Kupangtahun pelajaran 2019/2020?. 3).Apa implikasi dari aspek afektif pengembangan program bimbinganbelajar pada siswa kelas XI IPS1SMA Negeri 4 Kupangtahun pelajaran 2019/2020?. Masalah dalam penelitian ini adalahbagaimana profil kecemasan siswa kelas XI IPS1SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2019/2020dalam menghadapi ujian?.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kecemasan siswa kelas XI IPS1SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2019/2020dalam menghadapi ujian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara tertulisdan alatyang digunakan berupa angket.Teknik analisis data untuk mengetahui profil kecemasan siswa digunakan analisis kecenderungan pusat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa profil kecemasan menghadapi ujianpadasiswa kelas XI IPS1SMAN 4 Kupang tahun pelajaran 2019/2020 berada pada kategori sedang dengan skor 83,16, pada rentangan skor 68-86. Hasil analisis dan interpretasi data peraspek menunjukkan bahwa 1). Aspek fisiologis dengan skor 23,5, beradapada rentangan skor 19-23atau dikategori sedang. 2). Aspek kognitif dengan skor 24,1 beradapada rentangan skor 22-27atau dikategori sedang. 3). Aspek afektif dengan skor 26,9, beradapada rentangan skor25-31 atau dikategori sedang. Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti memberikan saran kepada: 1) Kepala sekolah selaku penanggung jawab di sekolah untuk mengkoordinir dan mendukung seluruh program yang ada di sekolah, khususnya program bimbingan dan konseling untuk melayani siswa. 2) Guru sebagai bahan masukan bagi guru-guru sehinga secara aktif memberikan informasi kepada guru BK disekolah tentang siswa yang memiliki kecemasan dalan menghadapi ujian untuk ditindaklanjuti. 3)Guru BK dijadikan bahan masukan dan informasi dalam menyusun dan mengembangkan layanan bimbingan belajar untuk membantu mengatasi masalah yang dihadapi oleh siswa. 4) Siswadapatdijadikan inforrmasi agar dapat berpartisipasi aktif dalam mengikuti bimbingan belajar yang dilaksanakan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Ptk Hendra Silvester |
Date Deposited: | 07 Oct 2020 01:13 |
Last Modified: | 07 Oct 2020 01:14 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3360 |
Actions (login required)
View Item |