NANI, Hironimus Jogo (2020) Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Kognitif Anak Sekolah Dasar. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (103kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (381kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (331kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (211kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (307kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (419kB) |
Abstract
Pendidikan kognitif adalah pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan intelektual peserta didik. pengembangan intelektual ini meliputi beberapa tahap sebagai berikut: (1) kemampuan untuk mengingat yakni kemampuan untuk mengenal kembali apa yang telah dipelajari; (2) kemampuan untuk memahami makna atau pengertian suatu peristiwa atau apa yang dipelajari; (3) kemampuan untuk menerapkan kembali apa yang telah dipelajari dalam situasi yang baru; (4) kemampuan untuk menganalisis atau kemampuan untuk menjabarkan sesuatu menjadi bagain-bagian, dan hubungan-hubungan dalam suatu organisasi yang dapat dipahami; (5) kemampuan untuk mensintesis, yakni kemampuan untuk memadukan bagian-bagian dalam kesatuan yang berarti. dan yang ke (6) adalah kemampuan untuk mengevaluasi. Namun dalam perkembangan selanjutnya, istilah kognitif menjadi popular sebagai salah satu domain atau wilaya psikologi manusia yang meliputi setiap perilaku mental yang berhubungan dengan pemahaman, pertimbangan, pengolahan informasi, pemecahan masalah, kesengajaan dan keyakinan. Ranah kejiwaan yang berpusat di otak ini juga berhubungan dengan konasi (kehendak) dan afeksi (perasaan) yang bertalian dengan ranah rasa.1 Di dalam proses perkembangan kognitif anak orang tua mempunyai peran yang penting untuk mengembangkan kemampuan intelektual anak karena keluarga 1 Dr. Kartini Kartono, Psikologi Anak, Psikologi Perkembangan, (Bandung: CV. Mandar Maju, 2007), hal. 144 xiii merupakan tempat di mana anak pertama kali mendapatkan proses pendidikan. Sebelum anak berhadapan dengan kehidupan dunia luar, dunia yang pertama kali ia jalani ialah dalam keluarga maka dari itu sekiranya orang tua mampu untuk menyiapkan anaknya dengan memberikan pendidikan dan pengajaran yang dapat bermanfaat bagi anak sebelum ia dapat terjun ke dunia luar karena pendidikan yang dilakukan oleh orang tua merupakan dasar atau ajang pertama dimana sifat-sifat kepribadian anak bertumbuh dan berkembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Filsafat > Program Studi Ilmu Filsafat |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 04:56 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 04:56 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3493 |
Actions (login required)
View Item |