Korelasi Antara Pemberian Motivasi Belajar Oleh Orang Tua Menurut Persepsi Siswa Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 11 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020

NGUSU, Maria Yosefa (2020) Korelasi Antara Pemberian Motivasi Belajar Oleh Orang Tua Menurut Persepsi Siswa Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 11 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada korelasi antara pemberian motivasi belajar oleh orangtua menurut persepsi siswa dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 11 Kota Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara pemberian motivasi belajar oleh orangtua menurut persepsi siswa dengan prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 11 Kota Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara tanggung jawab orangtua sebagai fasilitator dalam belajar siswa, untuk mengetahui korelasi antara tanggung jawab orangtua sebagai pembimbing dalam belajar siswa, dan untuk mengetahui korelasi antara tanggung jawab orangtua sebagai pendorong dalam belajar siswa menurut persepsi siswa dengan prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 11 Kota Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemberian motivasi belajar oleh orangtua (X) dan variabel terikat adalah prestasi belajar (Y). Populasi dan sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIIIB SMP Negeri 11 Kota Kupang tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpul data adalah wawancara tertulis dan alat pengumpul data adalah angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus analisis korelasi product moment dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan r hitung lebih besar dari r tabel atau r hitung > r tabel yaitu 0,488 > 0,361 pada taraf signifikasi 5% dengan db= N-2=30. Hal ini berarti hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak ada korelasi antara pemberian motivasi belajar oleh orangtua menurut persepsi siswa dengan prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 11 Kota Kupang tahun pelajaran 2019/2020 ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan ada korelasi antara pemberian motivasi belajar oleh orangtua menurut persepsi siswa dengan prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 11 Kota Kupang tahun pelajaran 2019/2020 diterima. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara pemberian motivasi belajar oleh orangtua menurut persepsi siswa dengan prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran kepada 1) Kepala sekolah sebagai pemimpin dalam suatu lembaga dapat meningkatkan kerjasama dengan guru mata pelajaran, wali kelas dan orangtua untuk mendampingi siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. 2) Guru BK sebagai penyelenggara layanan bimbingan dan konseling diharapkan dapat meningkatkan kerjasama yang baik dengan orangtua siswa dan para guru untuk selalu memberikan motivasi agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. 3) Orangtua diharapkan sebagai penanggung jawab dan pendidik utama bagi anak-anak di rumah agar selalu memeberikan motivasi dan memperhatikan belajar anak di rumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 03 Nov 2020 05:39
Last Modified: 03 Nov 2020 05:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3583

Actions (login required)

View Item View Item