Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 11 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020

LAJO, Paskalina (2020) Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 11 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikansi antara efikasi diri dan motivasi belajar pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 11 Kota Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang signifikansi antara efikasi diri dan motivasi belajar pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 11 Kota Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah efikasi diri (X) dan variabel terikat adalah motivasi belajar (Y). Populasi dan sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIIIA SMP Negeri 11 Kota Kupang tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data adalah wawancara tertulis dan alat pengumpul data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan rumus analisis korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 5 % pada db = N – 2. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan rhitung lebih besar dari rtabel atau rhitung> rtabel yaitu 0,634> 0,361 pada taraf signifikansi 5 % dengan db= N-2=30. Hal ini berarti hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak ada hubungan antara efikasi diri dan motivasi belajar pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 11 Kota Kupang tahun pelajaran 2019/2020 ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan ada hubungan antara efikasi diri dan motivasi belajar pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 11 Kota Kupang tahun pelajaran 2019/2020 diterima. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikansi antara efikasi diri dan motivasi belajar. Berdasarkan hasil simpulan, penulis memberikan saran kepada: 1)Kepala sekolah selaku pimpinan dan penanggungjawab sekolah diharapkan, supaya meningkatkan kerja sama dengan wali kelas, guru BK, dan guru mata pelajaran untuk mendampingi siswa dalam meningkatkan efikasi diri dan motivasi belajarnya. 2) Guru BK diharapkan sebagai penyelenggara layanan bimbingan dan konseling kepada siswa untuk membantu siswa mengembangkan efikasi dirinya sehingga siswa mampu meningkatkan motivasi belajarnya. 3) Guru mata pelajaran diharapkan bisa lebih bekerja sama dengan guru BK berupa memberikan sumbangan pemikiran untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat menjadi fasilitator yang baik dalam rangka mempengaruhi tingkat efikasi diri atau keyakinan pada siswanya agar siswa lebih termotivasi dalam belajar. 4) Siswa diharapkan dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan introspeksi dalam mengembangkan efikasi diri agar bisa meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 04 Nov 2020 05:19
Last Modified: 04 Nov 2020 05:19
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3585

Actions (login required)

View Item View Item