MAY, MELIATY RAMBU (2017) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Belajar Terhadapprestasi Belajar Matematika Pada Sub Pokok Bahasan Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP Negeri 20 Kota Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (705kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (98kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (152kB) |
Abstract
Tujuan dilakukan penitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIISMPNegeri 20 Kupang tahun ajaran 2016/2017, untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIINegeri 20 Kupang tahun ajaran 2016/2017, dan untuk mengetahui pengaruhmotivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIISMA Negeri 20Kupang tahun ajaran 2016/2017.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMA Negeri 20 kupang dengan sampel penelitiannya terdiri atas satu kelas yang diambil dengan menentukan kelas dengan menggunakan teknik random sumpling. Teknik pengumpulan data menggunakan alat tes baku, angket, dan tes prestasi belajar matematika yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sebelum melakukan analisis statistik, diadakan pengujian persyaratan analisis terlebih dahulu yang meliputi uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas. Analisis data yang dilakukan menggunakan program SPSS 22,00 for windows dan analisis manual sebagai pembandingnya. Berdasarkan analisis uji regresi berganda, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan kedisiplinan belajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika dengan persamaan regresi Y= 33,705+ 0,294X1+ 0,261X2. Nilai F hitung = 10,692 > 3,49 =F tabel. maka terima H0, artinya ada pengaruh antara motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 20 Kupang tahun ajaran 2016/2017. Berdasarka hasil SPSS 22,00 for windows, uji F motivasi belajar dam kedisiplinan belajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika dan secara uji t motivasi belajar dan kedisiplinan belajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Dengan demikian dengan adanya motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika maka diharapkan kepada pihak-pihak sekolah agar dapat menunjang aktifitas pembelajaran siswa sehingga dapat membantu siswa memperoleh prestasi belajar yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SH Yakobus Naben |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 04:56 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 04:56 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4266 |
Actions (login required)
View Item |