TLOIM, Onisius E. (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Materi Pokok Kalor Dan Perpindahannya Pada Peserta Didik Kelas VIIC Semester Ganjil SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (412kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (224kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (894kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (718kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (221kB) |
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) merupakan variasi pembelajaran kooperatif yang paling banyak diteliti, dimana menekankan pada adanya aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi. Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terdiri atas enam tahap yang digunakan untuk mengulas kembali fakta-fakta dan informasi dasar yang dipelajari dan berfungsi untuk mengatur interaksi peserta didik. okus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VII C semester ganjil SMP Negeri 12 Kupang tahun ajaran 2017/2018? Secara spesifik, masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya? (2) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotor) peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya? (3) Bagaimana ketuntasan hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotor) peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya? (4) Bagaimana respon peserta didik terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya?(5) Bagaimana keterampilan-ketrampilan kooperatif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya?Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VII C semester ganjil SMP Negeri 12Kupang tahun ajaran 2017/2018. Secara spesifik, tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya. (2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotor) peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materipokok kalor dan perpindahannya. (3) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotor) peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya. (4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya.(5) Mendeskripsikan keterampilan-ketrampilan kooperatif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti) dan 24 peserta didik kelas VII C semester ganjil SMP Negeri 12 Kupang tahun ajaran 2017/2018. Peserta didik sebagai subjek penelitian ini dipilh dengan menggunakan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan angket. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bahan Ajar Peserta Didik, dan Lembar Kerja Peserta Didik. Sedangkan instrumen yang digunakan antara lainLembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, Kisi-Kisi Tes Hasil Belajar Kognitif, Kisi-Kisi Penilaian Hasil Belajar Afektif dan Psikomotor, dan Lembar Penilaian Hasil Belajar Afektif dan Psikomotor,Lembar Isian Responden Peserta Didikdan Lembar Pengamatan Keterampilan-Keterampilan Kooperatif Peserta Didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskpritif, yakni menghitung skor rata-rata, proporsi, dan persentase setiap aspek yang diamati dan dinilai. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VII C semester ganjil SMP Negeri 12 Kupang tahun ajaran 2017/2018 adalah optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Model Kooperatif Tipe STAD, Kalor dan Perpindahanny, Deskriptif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | SH Yakobus Naben |
Date Deposited: | 01 Oct 2021 02:56 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 07:05 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4280 |
Actions (login required)
View Item |