Analisis Hasil Belajar Aspek Keterampilan Siswa Pada Materi Pokok Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi Kelas XI IPA 2 Berdasarkan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Di SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020

NOEBU'I, Nofita (2020) Analisis Hasil Belajar Aspek Keterampilan Siswa Pada Materi Pokok Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi Kelas XI IPA 2 Berdasarkan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Di SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
Bagian 1 PDF.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (601kB)

Abstract

Pembelajaran menggunakan metode praktikum merupakan salah satu metode yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kualitas kemampuan keterampilan praktikum siswa pada saat melakukan praktikum. Keterampilan praktikum tersebut harus ditumbuhkan dalam diri siswa SMA sesuai dengan taraf perkembangan pemikirannya. Keterampilan praktikum siswa yang dianalisis dalam penelitian ini adalah pada tahap keterampilan persiapan praktikum, tahap pelaksanaan praktikum dan tahap kegiatan akhir praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan praktikum siswa pada materi pokok faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi siswa kelas XI IPA 2 SMA Kristen 1 Kupang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data diperoleh menggunakan lembar observasi keterampilan praktikum siswa. Pengambilan data dilakukan saat siswa melakukan praktikum yaitu untuk mengamati keterampilan praktikum siswa. Diperoleh nilai ketuntasan hasil belajar KI 4 sebesar 88 dapat dikatakan tuntas. Secara keseluruhan rata-rata proporsi indikator persiapan praktikum siswa sebesar 0,95 dikatakan tuntas, proporsi indikator pelaksanaan praktikum siswa sebesar 0,88 dikatakan tuntas dan proporsi indicator kegiatan akhir praktikum siswa sebesar 0,84 dikatakan tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, hasil belajar, laju reaksi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:08
Last Modified: 27 Oct 2021 02:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4546

Actions (login required)

View Item View Item