Pentingnya Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika

SETIA, Maria Megawati (2020) Pentingnya Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (96kB)

Abstract

Berpikir kritis merupakan proses berpikir secara aktif dalam memahami masalah dengan jelas, mengumpulkan informasi, bernalar, membuat keputusan dan merefleksikannya serta mampu mengkomunikasikan dan berargumentasi tentang keputusan tersebut. Faktanya siswa masih kesulitan dalam berpikir kritis.Makalah ini akan mengkaji tentang pentingnya berpikir kritis berdasarkan indikator yang dikembangkan oleh Ennis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritissiswa dalam pemecahan masalah. Indikator berpikir kritis meliputi: memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, membuat simpulan, membuat penjelasan lebih lanjut, menentukan strategi dan taktik. Pentingnya kemampuan berpikir kritis matematis dapat membantu siswa untuk berpikir rasional dalam membuat keputusan dan kesimpulan untuk memilih alternatif terbaik serta mampu mencermati berbagai permasalahan. Hubungan berpikir kritis dan pemecahan masalah menarik juga untuk dikaji. Selama ini pemecahan masalah sering dipandang sebagai keterampilan yang bersifat mekanistis, sistematis dan abstrak. Namun seiring berkembangnya teori-teori belajar kognitif pemecahan masalah lebih dipandang sebagai aktivitas mental yang kompleksyang memuat berbagai keterampilan kognitif. Dalam hal ini,konteks dimaksud dapat berupa aktivitas pemecahan masalah. Dalma makkalah ini juga akan menggali mengenai pemecahan masalah dan pemecahan masalah dan berpikir kritis ditinjau dari berbagai aspeknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis, Memecahkan masalah matematika
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 23 Nov 2021 04:53
Last Modified: 23 Nov 2021 04:53
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4646

Actions (login required)

View Item View Item