MAU, Yuliana Aprilia (2020) Analisis Implementasi Standar Pelayanan Minimal Pada Bidang Kesehatan Di Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (473kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (460kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (306kB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Apakah faktor- faktor yang menyebabkan tidak tercapainya Standar Pelayanan Minimal pada RSUD MGR.GABRIEL MANEK,SVD Atambua- BELU? 2). Bagaimana upaya untuk mengatasi tidak tercapainya Standar Pelayanan Minimal pada RSUD MGR.GABRIEL MANEK,SVD Atambua- BELU? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang menyebabkan tidak tercapainya Standar Pelayanan Minimal pada RSUD MGR.GABRIEL MANEK,SVD Atambua-BELU. 2).Untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk memperbaiki Standar Pelayanan Minimal pada RSUD MGR.GABRIEL MANEK, SVD Atambua-BELU. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data menurut sifat dan jenis data menurut sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penyajian data, komparasi, penyajian hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, Standar Pelayanan Minimal pada RSUD Mgr.Gabriel Manek pada tahun 2019, adapun faktor yang menyebabkan tidak tercapainya Standar Pelayanan Minimal yang berada di bawah 100% adalah sebagai berikut: 1) Kurangnya kuantitas dan kualitas tenaga kesehatan, keterampilan, pelatihan, peralatan, sarana dan prasarana, 2) waktu tunggu pasien yang lama, 3) kurang sosialisasi kepada pasien terkait pentingnya pemeriksaan kesehatan sejak dini. Upaya yang harus dilakukan oleh RSUD Mgr.Gabriel Manek ialah: 1) Harus adanya kontrol atau melakukan monitoring dan evaluasi, 2) meningkatkan kuantitas dan kualitas tenaga kesehatan, peralatan, sarana dan prasarana kesehatan setiap indikator, 3) melakukan sosialisasi terkait pentingnya pemeriksaan kesehatan sejak dini. Saran yang di berikan kepada RSUD Mgr.Gabriel Manek SVD dari penelitian ini adalah meningkat kuantitas dan kualitas tenaga kesehatan,peralatan,sarana dan prasaran rumah sakit guna terciptanya kepuasan pasien, pihak rumah sakit memperluas jangkauan sosialisasi untuk peningkatan pemahaman pasien terkait pentingnya pemeriksaan kesehatan sejak dini, dan diharapkan pasien juga mematuhi prosedur yang telah ditentukan untuk tercapainya keselarasan antara tenaga medis dan pihak pasien dalam interaksinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Standar Pelayanan Minimal, Standar Pelayanan Minimal bidang kesehatan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 02:09 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 02:09 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4649 |
Actions (login required)
View Item |