Efektifitas Penerapan Teknik Relaksasi Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Marah Siswa

EMBUREA, Maria Krensiana E. (2020) Efektifitas Penerapan Teknik Relaksasi Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Marah Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (562kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (497kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok efektif meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah siswa kelas VIIIB SMP Angkasa Kupang tahun pelajaran 2019/2020 ?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah siswa kelas VIIIB SMP Angkasa Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan tipe pra- eksperimen one group pretest-postest design. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dibedakan atas dua, yaitu instrumen pengumpul data berupa angket kemampuan mengelola emosi marah dan instrumen perlakuan berupa pedoman penerapan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data yang diperoleh yakni nilai thitung sebesar 8,717 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 1% dengan dk=N-2 adalah 4,032. Dengan demikian nilai thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah siswa pada kelas VIIIB SMP Angkasa Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Hal tersebut berarti Ho ditolak, Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis memberikan saran kepada :1. Kepala sekolah agar terus meningkatkan kerjasama dengan semua pihak baik guru BK maupun guru mata pelajaran dan wali kelas dalam melancarkan kegiatan-kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik relaksasi agar dapat membantu meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah siwa. 2. Guru BK diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan bimbingan kelompok dengan menerapkan teknik relaksasi untuk meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah siswa. 3. Guru mata pelajaran diharapkan selalu bekerjasama dengan guru BK, terus memberi informasi, agar siswa yang kurang mampu mengelola emosi marah dapat dikelompokkan untuk diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik relaksasi agar mengatasi masalah tersebut. 4. Siswa diharapkan dapat memanfaatkan teknik relaksasi dalam layanan bimbingan kelompok yang diberikan guru BK, sehingga mereka mampu mengelola emosi marahnya dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:01
Last Modified: 03 Dec 2021 02:01
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4708

Actions (login required)

View Item View Item