Proses Aransemen Lagu Anak Balonku Ada Lima Ciptaan Pak. Kasur Dalam Bentuk Instrumen Musik Menggunakan Menu Style Creator Pada Program Keyboard Yamaha Psr-S970

EGEN, Yosef Kafrodansianus (2021) Proses Aransemen Lagu Anak Balonku Ada Lima Ciptaan Pak. Kasur Dalam Bentuk Instrumen Musik Menggunakan Menu Style Creator Pada Program Keyboard Yamaha Psr-S970. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER NEW.pdf

Download (734kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB II NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (282kB)

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah banyak melahirkan karya-karya di pelbagai aspek kehidupan, salah satunya ialah di bidang musik. Inovasi tersebut telah mempengaruhi musik menjadi semakin dinamis. Program menu style creator pada keyboard Yamaha PSR-S970 merupakan salah satu program pembuatan style dengan karakteristik yang mumpuni. Program ini menjadikan keyboard Yamaha PSR-S970 diminati dan dimiliki oleh musisi. Namun dalam penggunaannya masih banyak musisi yang jarang memanfaatkan fitur ini sebagai sarana pembuatan style atau musik instrumen. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana proses mengaransemen lagu anak Balonku Ada Lima ciptaan Pak. Kasur dalam bentuk instrumen musik menggunakan menu style creator pada program Keyboard Yamaha PSR-S970. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses mengaransemen lagu anak Balonku Ada Lima ciptaan Pak. Kasur dalam bentuk instrumen musik menggunakan menu style creator pada program Keyboard Yamaha PSR-S970. Penelitian ini bersifat kualitatif, Metode yang digunakan penulis adalah kerja studio, dengan pendekatan kreatif. Teknik pengumpulan data yakni berupa observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses mengaransemen lagu anak Balonku Ada Lima ciptaan Pak. Kasur dalam bentuk instrumen musik menggunakan menu style creator pada program Keyboard Yamaha PSR-S970 dilakukan melalui beberapa tahapan: Tahap awal terdiri dari: Menulis Notasi Lagu, dilanjutkan dengan Menentukan dan mengembangkan Pola Ritme Menggunakan Voice Drumset , Menyusun (Menggarap) Intro, Lagu Pokok, Interlude serta Coda. Tahapan berikut Merancang dan Memodifikasi Ide-Ide Baru terdiri dari: Memodifikasi Motif, Menerapkan Akor Alternatif, Perancangan Fillers atau Isian-Isian. Tahapan berikut melanjutkan perekaman Pada Menu Style Creator terdiri dari: Pembuatan Style, dan Mixing. Tahapan terakhir adalah Merekam midi. Kendala pada menu style creator yaitu bila terjadi kesalahan nada atau akor serta tempo pada pertengahan bar atau akhir bar pada salah satu track, peneliti harus mengulangi perekaman dari awal lagi. Terutama pada saat perekaman instrumen perkusi (Style Drumset dan power kit). Keunggulan yang terdapat pada program keyboard Yamaha PSR-S970 adalah sound atau varian bunyi dari beraneka ragam instrumen musik yang dapat didengar secara riil atau nyata, serta menu Mixing yang memudahkan penulis untuk mengedit dan menghasilkan warna instrumen yang sesuai dengan kebutuhan aransemen. Sehingga aransemen musik instrumen lagu anak Balonku Ada Lima pada program Keyboard Yamaha PSR-S970 yang dihasilkan lebih rapi, terorganisir dan menarik untuk didengar dan dinikmati oleh siapa saja secara khusus anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aransemen, Musik Instrumen, Midi, Menu Style Creator, Balonku Ada Lima.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:36
Last Modified: 06 Dec 2021 02:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4741

Actions (login required)

View Item View Item