TAE, Hodilia Derosari (2020) “Penataan Pola Irama Musik Tihar Modifikasi Sebagai Pengiring Tari Likurai Melalui Metode Meniru Dan Drill Pada Siswa-Siswi Kelas VII SMP Negeri Raimanuk, Desa Mandeu –Raimanus Kecamatan Raimanuk”. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
COVER FIX.pdf Download (82kB) |
|
Text
BAB 1 SKRIPSI FIX.pdf Download (23kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
|
Text
BAB III SKRIPSI FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
|
Text
BAB IV REVISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
|
Text
BAB V SKRIPSI FIX DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (71kB) |
Abstract
Seni merupakan ciptaan dari segala hal yang bersifat indah dan karena keindahannya membuat orang senang untuk melihat atau mendengarkan. Dalam bidang pendidikan formal yakni di bangku sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas terdapat mata pelajaran kesenian. Mata pelajaran ini dapat memberikan dampak yang positif bagi siswa seperti membina mental serta perilaku siswa agar dapat merubah diri dari hari ke harinya. SMP Negeri Raimanuk merupakan salah satu lembaga formal yang di dalamnya mempelajari mata pelajaran kesenian. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada siswa –siswi SMP Negeri Raimanuk kelas VII Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya penataan pola irama musik tihar modifikasi sebagai pengiring tari likurai melalui metode meniru dan drill siswa- siswi kelas VII SMP Negeri Raimanuk, desa mandeu-raimanus kecamatan Raimanuk? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya penataan pola irama musik tihar modifikasi sebagai pengiring tari likurai melalui metode meniru dan drill pada siswa- siswi kelas VII SMP Negeri Raimanuk, desa mandeu-raimanus kecamatan Raimanuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah penelitian tindakan lapangan atau teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa permasalahan dalam proses tarian likurai ini yang dilakukan oleh siswa-siswi SMP Negeri Raimanuk, melalui beberapa tahap yaitu : tahap awal, tahap inti dan tahap akhir. (1) Tahap awal peneliti menjelaskan tentang asal usul tarian likurai dan peneliti memberikan contoh pukulan tihar. (2) Tahap inti peneliti bersama – sama penari likurai berlatih menggunakan tihar dan selanjutnya kelompok penari mulai bekerja sama dan saling membantu satu sama lain. kesulitan yang alami setiap penari dapat teratasi dengan menggunakan metode meniru dan metode drill. (3) Tahap akhir adalah pementasan hasil penelitian. Dalam mempelajari musik tihar likurai ini mereka menanggapinya dengan baik dan dapat mempraktekkannya dengan senang hati. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pola irama musik tihar kreasi siswa-siswi mengalami kesulitan maka hal tersebut dapat diatasi dengan melalui metode meniru dan drill sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tihar,Kreasi, Likurai, Drill, Meniru, Siswa-siswi SMP NegeriRaimanuk. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 08 Dec 2021 01:53 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 01:53 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4767 |
Actions (login required)
View Item |