MOLO, Benediktus (2020) Upaya Memperkenalkan Notasi Musik Gregorian Dengan Lagu Model Vidi Aquam Melalui Pendekatan Solmisasi Dengan Menggunakan Metode Drill Kepada Mahasiswa Minat Paduan Suara Unisono Semester III Program Studi Pendidikan Musik. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (929kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (318kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (993kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (415kB) |
Abstract
Dewasa ini, penggunaan nyanyian Gregorian sudah sangat minim, seiring dengan perkembangan nyanyian-nyanyian inkuluturasi, jika dibandingkan dengan dekade-dekade sebelumnya. selain itu banyak umat tidak mengetahui dan mengerti dengan baik notasi asli musik Gregorian. Berdasarkan hasil observasi, 95% mahasiswa Pendidikan Musik atau 95 dari 100 mahasiswa tidak bisa membaca notasi asli musik Gregorian walaupun 92% mahasiswa atau 92 dari 100 mahasiswa pernah menyanyikan lagu-lagu Gregorian. Hal ini yang mendasari penulis melakukan penelitian untuk memperkenalkan notasi asli musik Gregorian kepada mahasiswa Semesetr III minat paduan suara unisono Pendidikan Musik. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran yang dilakukan untuk memperkenalkan notasi asli musik Gregorian dengan pendekatan solmisasi dan menggunakan metode drill. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengajarkan notasi musik Gregorian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan studi lapangan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap awal, yaitu perekrutan subyek penelitian, tahap inti yang dimulai dari pertemuan pertama sampai kesepuluh, dan tahap akhir pengambilan video akhir atau hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill sangat membantu subyek menguasai materi baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan.Hal ini dapat dilihat dari kemaujuan subyek jika dibandingkan dengan sebelum penelitian. Subyek dapat menguasai notasi musik Gregorian. Subyek juga mampu menyanyikan lagu model sesuai dengan notasi maupun bernyanyi Gregorian dengan baik dan benar. Kendala yang dialami seperti subyek memiliki kemampuan yang berbeda, tetapi dengan latihan yang terus menerus subyek dapat menyanyikan lagu dengan baik pada akhir penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran notasi asli musik Gregorian mampu meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam bernyanyi Gregorian dan penggunaan metode drill melalui pendekatan solmisasi ini bermanfaat untuk peningkatan kompetensi dalam hal ini membaca notasi musik Gregorian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gregorian, drill, solmisasi, pendekatan kualitatif, notasi asli Gregorian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | SH Yakobus Naben |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 02:16 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 02:16 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4861 |
Actions (login required)
View Item |