KEHI, Hendrika Somi (2020) Penggunaan Teknik Self Management Melalui Layanan Konseling Kelompok Untuk Pengurangan Perilaku Agresif Verbal. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
COVER.pdf Download (129kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (30kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (28kB) |
Abstract
Masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah mengapa teknik self management dapat digunakan melalui konseling kelompok untuk pengurangan perilaku agresif verbal peserta didik, bagaimana langkah-langkah atau prosedur penerapan teknik self management melalui konseling kelompok untuk pengurangan perilaku agresif verbal peserta didik dan apakah penggunaan teknik self management efektif pengurangan perilaku agresif verbal peserta didik. Tujuan dari penulisan skripsi ini untuk mengetahui alasan penggunaan teknik self management melalui konseling kelompok untuk pengurangan perilaku agresif verbal peserta didik, langkah-langkah atau prosedur penggunaan teknik self management melalui konseling kelompok untuk pengurangan perilaku agresif verbal peserta didik, dan efektifitas penggunaan teknik self management melalui konseling kelompok untuk pengurangan perilaku agresif verbal peserta didik. Penulisan skripsi ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan jenis data bersifat deskripstif kualitatif. Objek kajian dalam penulisan ini adalah teknik self management melalui konseling keompok dan perilaku agresif verbal peserta didik, dengan sumber data sekunder yang berupa pendapat ahli dan temuan peneliti terdahulu yang relevan. Hasil pembahasannya adalah: Alasan penulis menggunakan teknik self management melalui konseling kelompok untuk pengurangan perilaku agresif verbal karena teknik self management bertujuan untuk membantu klien merubah perilaku negatif dan mengembangkan perilaku positif, selain itu teknik self managmenet juga memiliki kelebihan yaitu meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dalam mengembangkan perilaku yang lebih baik dan teknik self management juga dapat bermanfaat untuk membantu peserta didik dalam mengelola diri baik pikiran, perasaan dan tindakan. Prosedur penggunaan teknik self management untuk pengurangan perilaku agresif verbal melalui konseling kelompok yaitu dilakukan melalui empat tahap pelaksanaan konseling kelompok yaitu tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan tahap pengakhiran, serta tahap pelaksanaan teknik self management yaitu self monitoing, stimulus control dan self reward. Penggunaan teknik self management melalui konseling kelompok efektif untuk pengurangan perilaku agresif verbal. Hal ini dibuktikan dengan artikel hasil penelitian terdahulu yang relevan yang mengemukakan bahwa penerapan teknik self management dalam konseling kelompok efektif untuk mengurangi perilaku agresif verbal peserta didik. Dari hasil pembahasan di atas, maka diberikan saran kepada; 1). Penulis diharapkan agar dapat menambah pengetahuan, pemahaman serta keterampilan dalam menerapkan teknik self management untuk pengurangan perilaku agresif verbal dan 2). Pembaca diharapkan agar dapat menambah wawasan agar terampil dalam pengggunaan teknik self management melalui konseling kelompok untuk pengurangan perilaku agresif verbal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Antonia M. Ngole |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 01:35 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 01:35 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4921 |
Actions (login required)
View Item |