Kajian Teoretis Tentang Pengurangan Perilaku Maladaptif Siswa Melalui Teknik Restrukturisasi Kognitif

ROBIWALA, Aloysius Vikaryanto Leu (2020) Kajian Teoretis Tentang Pengurangan Perilaku Maladaptif Siswa Melalui Teknik Restrukturisasi Kognitif. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
FILE ABSTRACK.pdf

Download (511kB)
[img] Text
SKRIPSI-BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
SKRIPSI-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
SKRIPSI-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
SKRIPSI-BAB IV.pdf

Download (492kB)

Abstract

Masalah dalam skripsi ini adalah : (1) Mengapa teknik restrukturisasi kognitif digunakan untuk mengurangi perilaku maladaptif siswa? (2) Bagaimana proses penerapan teknik restrukturisasi kognitif untuk mengurangi perilaku maladaptif siswa? (3) Apakah teknik restrukturisasi kognitif efektif untuk mengurangi perilaku maladaptif siswa? Tujuan penulisan skripsi ini adalah (1) Mengetahui alasan penggunaan teknik restrukturisasi kognitif untuk mengurangi perilaku maladaptif siswa (2) Mengetahui proses pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif untuk mengurangi perilaku maladaptif siswa (3) Mengetahui efektifitas teknik restrukturisasi kognitif untuk mengurangi perilaku maladaptif siswa. Jenis data adalah data kualitatif dengan menggunakan metode studi kepustakaan. Objek kajian dalam penulisan skripsi ini adalah teknik restrukturisasi dan perilaku maladaptif. Sumber data yang digunakan penulis adalah data sekunder berupa buku, artikel dan jurnal yang berkaitan dengan penulisan ini. Hasil pembahasannya adalah; Teknik restrukturisasi kognitif perlu diberikan kepada siswa yang berperilaku maladaptif, karena teknik restukturisasi kognitif sebagai salah satu teknik yang diasumsikan untuk terapi kognitif seseorang. Sehingga untuk mengubah perilaku siswa yang maladaptif, maka tidak hanya sekedar mengubah perilakunya saja, tetapi juga menyangkut aspek kognitifnya. Prosedur pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif untuk mengurangi perilaku maladaptif siswa dilakukan melalui tahapan berikut; Rasional, Analisis terhadap pikiran konseli, Pengenalan dan latihan pikiran yang menanggulangi coping thought (CT), Melatih konseli untuk pindah dari pikiran-pikiran negatif ke coping thought (CT), Memberikan latihan dan penguat positif kepada konseli, Memberikan tugas rumah dan tindak lanjut. Efektifitas teknik restrukturisasi kognitif ini mendapat dukungan empirik dari artikel hasil penelitian Safithry (2015:40) yang mengatakan bahwa teknik restrukturisasi kognitif ini dapat menurunkan gangguan penyesuaian diri yang dialami remaja. Bertolak dari hasil pembahasan di atas, maka penulis memberikan saran kepada ; (1) Penulis, skripsi ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan penulis dalam mengaplikasikan teknik restrukturisasi kognitif untuk meningkatkan perilaku maladaptif siswa. (2) Pemerhati Masalah BK, skripsi ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi bagi pemerhati masalah BK mengenai penggunaan teknik restrukturisasi kognitif dalam mengurangi perilaku maladaptif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 06 Jan 2022 02:50
Last Modified: 06 Jan 2022 02:50
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4924

Actions (login required)

View Item View Item