Pengelolaan Retribusi Pasar Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik Di Pasar Oka Larantuka Kabupaten Flores Timur

KERANS, Maria D. Y. Adinda (2020) Pengelolaan Retribusi Pasar Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik Di Pasar Oka Larantuka Kabupaten Flores Timur. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
cover dinda.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB 1 DINDA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB II DINDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB III DINDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV DINDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
BAB V DINDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
BAB VI DINDA.pdf

Download (111kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan retribusi di Pasar Oka Larantuka dan faktor-faktor yang menjadi pendorong dan penghambat dalam penyediaan pelayanan dari pemerintah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Pasar Oka Larantuka dan Badan Pendapatan Daerah. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan dan dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data bersifat deskriptif analisis dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan retribusi pasar sudah dilakukan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan aspek-aspek dalam mengelola retribusi pasar yang meliputi sistem adminitrasi yang sudah cukup baik. Aspek petugas dalam pemungutan retribusi sudah cukup baik. Aspek pengawasan sudah cukup ketat terutama dalam mengatasi kelalaian pembayaran retribusi. Aspek pemanfaatan hasil dari retribusi pasar ini belum optimal hal ini terjadi karena keterbatasan dana dari pemerintah, dimana semua hasil retribusi disetorkan ke Dinas Badan Pendapatan Daerah dan apabila pasar membutuhkan dana operasional maupun non operasional maka harus mengajukan permohonan terlebih dahulu. Faktor yang mendukung adalah kesadaran para pedagang untuk swadaya dalam memenuhi pelayanan publik mereka, sistem organisasi yang baik. Faktor penghambat pemberian pelayanan adalah masih banyaknya PKL yang tidak berijin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Retribusi Pasar, Pelayanan Publik
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 08 Dec 2021 02:23
Last Modified: 08 Dec 2021 02:23
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4976

Actions (login required)

View Item View Item