Hambatan Komunikasi Antara Guru Dan Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pembelajaran Online Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kupang)

PUKAN, Yohanes P. M. Gandhy (2020) Hambatan Komunikasi Antara Guru Dan Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pembelajaran Online Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
BAB VI & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja hambatan - hambatan komunikasi interpersonal antara guru dan siswa di SMAN 4 Kupang pada saat pembelajaran online berlangsung.Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan menggunakan teori hambatan komunikasi yang memiliki indikator yaitu hambatan semantik, hambatan psikologis dan hamabatan media atau teknis. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dengan metode penelitian studi kasus. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, tanggapan yang diberikan guru dan siswa hampir sama dengan teori hambatan komunikasi dalam pelaksanaan pembelajaran online yang diterapkan oleh sekolah. Hambatan komunikasi yang digunakan memiliki tiga hambatan yaitu hambatan semantik, psikologis dan media atau teknik. Hambatan semantik yang di alami guru sendiri yakni banyak siwa yang tidak mengerti dengan ateri yang berikan guru dan ada beberapa murid yang merasa bingung dengan materi yang di kasih. Sedangkan hambatan semantik yang dialami siswa yakni beberapa guru yang tidak memberikan materi dan penjelasan guru yang kurang di mengerti sehingga siswa sulit memahami materi. Hambatan psikologis yang di alami guru yaitu kemauan belajar siswa yang menurun sehingga pemberian materi oleh guru menjadi sia-sia dan tidak ada hasil apapun dan hamabatan psikologis dari siswa sendiri yakni ketidakseriusan saat belajar menjadi masalah karena pemebelajaran yang monoton dan begitu-begitu saja,hamabatan yang terakhir adalah hambatan media, dimana hamabatan ini menjadi hambatan yang sama dikeluhkan oleh guru dan siswa pada saat melakukan pembelajaran online seperti internet eror, loading lambat dan handphone yang tiba-tiba tidak bisa menerima jaringan ninternet. Secara umum, para informan merasakan dampak dari hambatan-hambatan komunikasi dalam melakukan pembelajaran online karena itu sangat menghambat guru memberikan materi dan membuat siswa susah mendapatkan materi sehingga siswa menjadi jenuh dan bosan dengan metode pembelajaran online ini. Secara garis besar kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian, penulis menemukan bahwa dalam proses belajar menggunakan daring sangat mempengaruhi siswa dalam belajar sehingga timbul hambatan-hambatan komunikasi yang suadah penulis paparkan. Saran yang penulis berikan ialah dalam proses belajar menggunkan daring ini sangat berbanding terbalik dengan kegiatan belajar engajar tatap muka sehingga diharapkan guru dan siswa dapat bekerja sama sehingga apa yang di rencanakan bisa tercapai dan sesuai keinginan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 13 May 2022 05:31
Last Modified: 13 May 2022 05:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5253

Actions (login required)

View Item View Item