Penerapan Teknik Relaksasi Melalui Konseling Kelompok Untuk Pengurangan Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019 (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas IPA1 Smak Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019)

NAMANG, Yohanita Ero (2020) Penerapan Teknik Relaksasi Melalui Konseling Kelompok Untuk Pengurangan Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019 (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas IPA1 Smak Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (168kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penerapan Teknik Relaksasi Melalui Konseling Kolompok Untuk Pengurangan Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. (studi deskriptif kuantitatif pada siswa-siswi kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019). Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan teknik relaksasi melalui konseling kelompok dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan teknik relaksasi melalui konseling kelompok untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas XI IPA1SMAKSint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019 .Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra-eksperimen one group design pretest posttest. Teknik pengumpulan data berupa wawancara tertulis. Instrument penelitian ini berupa 1) alat pengumpul data yaitu angket kejenuhan belajar yang diberikan pada tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) kepada kelompok yang sama, setelah kelompok itu diberikan treatment berupa pelaksanaan teknik relaksasi melalui konseling kelompok untuk mengurangi kejenuhan belajar.2) instrument perlakuan (treatment) berupa pedoman penerapan teknik relaksasi melalui konseling kelompok. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika X1<X2 maka Ho diterima Ha ditolak, dan jika X1>X2 maka Ho ditolak Ha diterima. Hasil analisis data menunjukkan nilai t hitung sebesar 11,362, sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 1% dengan db =N-2 sebesar 4,032. Dengan demikian nilai thitung> nilai ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa teknik relaksasi melalui konseling kelompok dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada : 1)Kepala sekolahselaku penanggung jawab sekolah agar meningkatkan kerja sama dengan guru BK di sekolah untuk mendampingi siswa dalam menurunkan kejenuhan belajar siswa.2)Guru BK diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan layanan konseling kelompok dengan teknik relaksasi kepada siswa yang mengalami kejenuhan belajar.3)Siswa diharapkan agar lebih aktif mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik relaksasiyang diberikan sehingga dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 19 May 2022 05:48
Last Modified: 19 May 2022 05:48
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5334

Actions (login required)

View Item View Item