OTTO, Yandri (2020) Evaluasi Beban Truk Pengangkut Barang Kupang – Rote Terhadap Umur Perkerasan Jalan (Lokasi Studi Rote Ndao, Ruas Jalan Pante Baru- Ba’a. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (277kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (78kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (146kB) |
Abstract
Jalan merupakan prasarana angkutan darat yang sangat penting dalam memperlancar kegiatan hubungan perekonomian, baik antara satu daerah dengan daerah lainya. Kondisi jalan yang baik akan memperlancar mobilitas penduduk dalam mengadakan hubungan perekonomian dan kegiatan sosial.Bila terjadi cacat permukaan (disintegration) seperti lubang (potholes), pelepasan butir (raveling), serta pengelupasan lapisan permukaan (stripping) maka kinerja jalan menjadi menurun sehingga berdampak buruk terhadap lancarnya perekonomian dan sosial serta aktifitas lainya, bahkan akan menimbulkan kecelakaan. Golongan kendaraan beserta beban muatanya yang melintas ruas jalan Pante Baru–Ba’a, khususnya pada truk - truk pengangkut barang. Kupang – Rote dapat ketahui bahwa kendaraan golongan V.B mengalami kelebihan beban sebesar 1.47 Ton, golongan VI.B mengalami kelebihan beban sebesar 5.17 Ton,goongan VII mengalami kelebihan beban sebesar 6.05 Ton, golongan VIII mengalami kelebihan beban sebesar 1.12 Ton, golongan IX mengalami kelebihan beban sebesar 1.57 Ton.Penambahan muatan berlebih terhadap kendaraan akan mengurangi umur perkerasan sehingga jalan akan cepat rusak karena apabila terjadi pelanggaran MST untuk setiap tipe kendaraan akan meningkatkan nilai VDF seperti 0.3006 untuk 1.2 bus, 6.8579 untuk 1.2 truk, 5.8149 untuk 1.22, 14.0448 untuk 1.2-2, 11.3133 untuk 1.2-2.2, 4.7506 untuk 1.2+2.2. Meningkatnya nilai VDF akan Meningkatkan nilai ESAL seperti 4,529,280,63 untuk tahun pertama, 19,347,088,63 untuk tahun kedua, 14,019,840,64 untuk tahun ketiga, 19,347,088,63 untuk tahun ke empat, 24,367,509,11 untuk tahun kelima, 29,308,030,86 untuk tahun keenam dan akan meningkatkan nilai ΣESAL menjadi 4,529,280,63 untuk tahun pertama, 23,876,369,26 untuk tahun kedua, 37,896,209,90 untuk tahun ketiga, 57,243,298,53 untuk tahun keempat, 81,610,807,65 untuk tahun kelima, 110,918,838,51 untuk tahun ke enam sehingga akan meningkatkan penurunan umur perkerasan yakni 6.27 % untuk tahun pertama, 33,07 % untuk tahun kedua, 52.48 % untuk tahun ketiga, 79,27 % untuk tahun keempat dan jalan akan mengalami kerusakan pada tahun kelima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Beban Berlebih, Equivalent Single Axle Load (ESAL), Golongan Kendaraan, Sisa Umur Perkerasan , Umur Perkerasan, Vehicle Damaging Factor (VDF) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | SH Yakobus Naben |
Date Deposited: | 20 May 2022 01:14 |
Last Modified: | 20 May 2022 01:14 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5338 |
Actions (login required)
View Item |