Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP Melalui Studi Pustaka

SONI, Fridolin (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP Melalui Studi Pustaka. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (122kB)

Abstract

Pembelajaran IPA biologi di sekolah dituntut efektif agar anak didik mampu menguasai materi pelajaran dengan optimal. Agar pembelajaran di kelas efektif, guru harus menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran yang bervariasi, sehingga siswa tidak cepat merasa bosan dalam mengikuti pelajaran.Penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang bervariasi juga dapat memotivasi dan menumbuhkan minat belajar siswa untuk lebih aktif dan berprestasi dalam pelajaran IPA khususnya biologi. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah peningkatan mutu dalam pendidikan biologi tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran yang menitik beratkan pada keterampilan-keterampilan tertentu seperti keterampilan dalam menyelesaikan masalah, keterampilan mengamati obyek, keterampilan dalam mengambil keputusan, keterampilan dalam mengalisis data, berpikir secara logis, sistematis serta keterampilan dalam mengajukan pertayaan. Sehingga pembelajaran akan lebih menitik beratkan kepada siswa dan siswa aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan interaktif untuk meningkatkan hasil belajar IPA biologi pada materi sistem pernapasan pada manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif berupa Studi pustaka atau library research yakni penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan dengan obyek penelitian. Pengumpulan data yang bersifat kepustakaan atau studi pustaka, atau telah dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasrnya bertumpuh pada penalaran kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relavan (Dzakiyyah, 2017). Data yang di kumpulkan dari hasil penelitian terdahulu dengan menerapkan model pembelajaran pendekatan interaktif dari rata-rata nilai posttest mengalami peningkatan dari rata-rata nilai pretest seperti penelitian dari Hissan Rastiani, Indra Permana, Peningkatan 2, Mahardila Abdula, Prihandono Trapsilo, peningkatan 1,46, Ifan Sofia, peningkatan 0,01s, Ade Frida, peningkatan 20,41, Lilis Suryani, peningkatan 0,66, Ida Sriyanti, peningkatan 10, Eman Har, Lisa Deswati, peningkatan 4,62, Amina,peningkatan 4,62, Santi Lumamina, peningkatan 5. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar IPA. Hal ini telah dibuktikan dengan semua data hasil penelitian terdahulu yang di kumpulkan telah menunjukan bahwa rata-rata nilai posttest dan semuanya tuntas berdasarkan SKM Depdiknas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan interaktif. Meningkatkan hasil belajar.Sistem pernapasan pada manusia, IPA Biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Florentina Wenggu
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:35
Last Modified: 06 Jun 2022 02:35
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5515

Actions (login required)

View Item View Item