ASAR, Glaudensius Liviano (2021) Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Menunjang Proses Belajar Online (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Xi Ips 1 Smak Sint Carolus Penfui)). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
.FILE ABSTRAK.pdf Download (754kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (306kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
|
Text
BAB 6-daftar pustaka.pdf Download (104kB) |
Abstract
Google classroom merupakan salah satu media online yang digunakan untuk proses belajar mengajar secara online. Aplikasi google classroom cukup banyak digunakan di sekolah-sekolah karena penggunaannya yang mudah dan praktis. Salah satu sekolah yang menggunakan aplikasi ini yaitu SMAK Sint Carolus Penfui. Setiap pengguna aplikasi google classroom memiliki pendapatnya masing-masing mengenai keefektifan aplikasi ini. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai efektivitas penggunaan aplikasi google classroom dalam menunjang proses belajar online. Untuk membantu peneliti dalam melakukan analisis dan interpretasi data, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan konsep tentang komunikasi, efektivitas komunikasi, media online, aplikasi google classroom, proses belajar online, yang memiliki indikator learnability (kemudahan), efficiency (efisiensi), errors (kesalahan dan keamanan), Satisfaction (kepuasan). Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, pernyataan yang diberikan oleh informan hampir sama berkaitan dengan kemudahan dalam menggunakan aplikasi google classroom. Informan mengatakan bahwa penggunaan aplikasi google classroom cukup mudah, hanya penggunaan awal yang sedikit sulit bagi beberapa informan, namun seiring berjalannya waktu, aplikasi ini sudah sangat mudah digunakan.. Selain itu biayanya yang dikeluarkan untuk penggunaan aplikasi ini cukup murah. Sekalipun penggunaannya yang mudah, aplikasi ini masih sering mengalami eror yang membuat proses belajar mengajar tidak berjalan dengan baik, namun data-data pribadi pengguna dianggap cukup terjaga kerahasiaannya. Meskipun demikian, beberapa informan merasa tidak puas menggunakan aplikasi ini karena mereka kurang dapat memahami materi yang diberikan dengan baik. Dengan demikian penulis dapat menyimpulkan bahwa penggunaan aplikasi google classroom dalam menunjang proses belajar online pada SMAK Sint Carolus Penfui tidak efektif digunakan. Saran yang dapat diberikan peneliti kepada informan siswa adalah diharapkan siswa untuk aktif dan mandiri dalam proses pembelajaran. Sehingga siswa dapat menambah wawasan tidak hanya dari materi yang diberikan oleh guru. sedangkan bagi guru diharapkan agar memperhatikan setiap siswa dalam mengumpulkan tugas dan membuka ruang yang lebih dalam berdiskusi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Antonia M. Ngole |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 00:32 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 00:32 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5821 |
Actions (login required)
View Item |