Pengaruh Tampilan Produk, Paket Bonus Dan Harga Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pada Ramayana Mall Kupang

WEA, Arlina Laurensia (2020) Pengaruh Tampilan Produk, Paket Bonus Dan Harga Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pada Ramayana Mall Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (671kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (411kB)

Abstract

Ramayana Mall Kupang, merupakan salah satu ritel terbesar di kota Kupang, yang banyak dikunjungi oleh konsumen, namun volume penjualan di Ramayana Mall Kupang pada tiga tahun terakhir mengalami fluktuasi. Masalah dalam penelitian ini 1). Bagaimana persepsi konsumen tentang tampilan produk, paket bonus, harga psikologi dan gambaran keputusan pembelian pakaian pada Flobamora Mall Kupang? 2). Apakah tampilan produk, paket bonus dan harga psikologi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pakaian pada Flobamora Mall Kupang? 3). Apakah tampilan produk, paket bonus dan harga psikologi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pakaian pada Flobamora Mall Kupang? Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja pada Ramayana Mall Kupang, sampel sebanyak 77 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis intersial. Hasil analisis Deskriptif diperoleh jawaban responden terhadap variabel tampilan produk sebesar 64% dengan kategori cukup menarik, variabel paket bonus sebesar 68% dengan kategori cukup menarik dan variable harga psikologi sebesar 59% dengan kategori cukup menarik dan variabel keputusan pembelian sebesar 56% dengan kategori cukup menarik. Berdasarkan hasil regresi linear berganda diperoleh persamaan sebagai berikut: Y= -1,980+0,327 X1+0,205 X2+0,413 X3. Hasil uji t menunjukkan bahwa tampilan produk, paket bonus dan harga psikologi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pakaian pada Ramayana Mall Kupang. Hasil dari koefisien determinasi (R²) = 71,1% dipengaruhi oleh variabel keputusan pembelian yang merupakan kontribusi dari variabel tampilan produk, paket bonus dan harga psikologi, sedangkan sisanya 28,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut disarankan untuk meningkatkan keputusan pembelian, maka Ramayana Mall Kupang perlu memperhatikan warna pakaian yang ditawarkan untuk lebih mengikuti trend dan menawarkan warna pakaian yang kalem, mampu memberikan paket bonus terhadap pakaian lain seperti pakaian kemeja, dress dan kaos berkerak. Selanjutnya membuat paket bonus yang bervariasi, seperti beli banyak dapat suvenir kelender tidak monoton terhadap beli 2 gratis 1 saja, sehingga Ramayana Mall bisa menarik lebih banyak konsumen untuk mengambil keputusan dan lebih konsisten dalam menetapkan harga psikologi, artinya memberikan harga ganjil yang cukup besar, sehingga konsumen tertarik untuk membeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tampilan produk, paket bonus, harga psikologi dan keputusan pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:13
Last Modified: 04 Jul 2022 02:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5861

Actions (login required)

View Item View Item