WOI, Adelina (2019) Komparasi Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X1 Mia 1 Dan Xi Mia 2 Pada Materi Pokok Termokimia Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Group Investigation (GI) SMA Negeri 1 Amarasi Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (90kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (42kB) |
Abstract
Pada penelitian ini digunakan dua model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dan tipe group investigation. Model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament adalah salah satu tipe model pembelajaran yang melibatkan aktivitas seluruh peserta didik sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan. Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation adalah tipe model pembelajaran kooperatif yang membagi peserta didik dalam kelompok kecil untuk memecahkan masalah secara kritis dan ilmiah. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan tipe GI materi pokok termokimia pada peserta didik kelas XI MIA1-2 SMA Negeri 1 Amarasi tahun ajaran 2018/2019? (2) Apakah ada perbedaan hasil belajar antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) dan (GI) pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI MIA1-2 SMA Negeri 1 Amarasi tahun ajaran 2018/ 2019?. Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan tipe TGT materi pokok termokimia pada peserta didik kelas XI MIA1-2 SMA Negeri 1 Amarasi tahun ajaran 2018/2019 (2) Mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) dan (GI) pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI MIA1-2 SMA Negeri 1 Amarasi tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan komparatif. Yang menjadi sampel dan populasi adalah semua peserta didik kelas XI MIA 1 dan 2 SMA Negeri 1 Amarasi berjumlah 51 orang. Dari analisis data diperoleh: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif untuk materi pokok termokimia pada peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Amarasi tahun ajaran 2018/2019 dengan: (a) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT termasuk dalam kategori cukup baik dengan rata-rata 3,34, (b) ketuntasan indikator hasil belajar aspek pengetahuan (KI-3) dan aspek keterampilan (KI-4) mempunyai proporsi sebesar 0,85 dan 0,90, (c) ketuntasan hasil belajar aspek pengetahuan (KI-3) dan aspek keterampilan (KI-4) mempunyai rata-rata sebesar 83 dan 90. (d) ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan dari aspek pengetahuan (KI-3) dan aspek keterampilan (KI-4) sebesar 85,7 (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI efektif untuk materi pokok termokimia pada peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Amarasi tahun ajaran 2018/2019 dengan: (a) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 3,67, (b) ketuntasan indikator hasil belajar aspek pengetahuan (KI-3) dan aspek keterampilan (KI-4) mempunyai proporsi sebesar 0,85 dan 0,91, (c) ketuntasan hasil belajar aspek pengetahuan (KI-3) dan aspek keterampilan (KI-4) mempunyai rata-rata sebesar 83 dan 91. (d) ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan dari aspek pengetahuan (KI-3) dan aspek keterampilan (KI-4) sebesar 86. (3) tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) dan (GI) pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI MIA1-2 SMA Negeri 1 Amarasi tahun ajaran 2018/2019 dengan harga thitung ≤ ttabel atau 0,57 ≤ 2,00 maka tolak Ha dan terima H0
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI, Hasil Belajar Peserta Didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.Pd Rhysto Kila |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 00:51 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 00:51 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5985 |
Actions (login required)
View Item |