Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Menggunakan Jasa Pada Pt. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Kupang

GOETHA, Selfiana (2018) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Menggunakan Jasa Pada Pt. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Kupang. Masters thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (167kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berkaitan dengan jumlah penggunaan jasa pengiriman pada PT. Tiki JNE yang mengalami penurunan pada tahun 2017. Manajemen JNE juga mengeluhkan permasalahan utama mengenai penurunan jumlah pelanggan yang disebabkan oleh rendahnya kesadaran akan merek JNE oleh pelanggan karena muncul para pesaing dengan tingkat inovasi yang lebih baik. Selain itu JNE memiliki waktu operasional yang terbatas sehingga membuat pelanggan kurang berminat untuk menggunakan jasa JNE. Lama waktu pengiriman barang terkadang tidak sesuai dengan waktu yang dijanjikan sehingga membuat kepercayaan pelanggan berkurang. Selain itu pelanggan juga mengeluhkan barang terkadang rusak karena kurir yang tidak menaati SOP (Standar Operasional Perusahaan) sehingga membuat pelanggan tidak merekomendasikan JNE pada teman atau kerabat. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana gambaran pelanggan tentang Word Of Mouth, Brand Awareness, Brand Trust, Minat Beli dan Keputusan Menggunakan Jasa pada PT. Tiki JNE Cabang Kupang? 2) Apakah Word Of Mouth, Brand Awareness, dan Brand Trust secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli dan Keputusan Menggunakan Jasa pada PT. Tiki JNE Cabang Kupang? 3) Apakah Word Of Mouth, Brand Awareness, Brand Trust, dan Minat Beli secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menggunakan Jasa pada PT. Tiki JNE Cabang Kupang? Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna jasa PT.Tiki JNE cabang Kupang. Sampel ditentukan sebanyak 110 orang, dengan teknik pengambilan sampel secara aksidental. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structure Equation Model (SEM) AMOS. Hasil analisis deskriptif memberikan gambaran variabel Word Of Mouth dengan rata-rata nilai index 79%, variabel Brand Awareness 81,86%, variabel Brand Trust 78,7%, variabel minat beli 76% dan variabel keputusan menggunakan jasa 82,76%. Rata-rata nilai index untuk semua variabel tergolong tinggi, karena berada pada rentang 70,34%-100%. Hasil analisis full structural equation model,secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa model didukung secara keseluruhan oleh data empirik. Hasil pengujian statistik inferensial menunjukan bahwa Word Of Mouth, Brand Awareness, dan Brand Trust secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli dan Keputusan Menggunakan Jasa pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Kupang dan Word Of Mouth, Brand Awareness, dan Brand Trust secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Menggunakan Jasa pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Kupang. Berdasarkan analisis tersebut disarankan bahwa PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Kupang, dapat memperoleh keuntungan jika membuat iklan lebih menarik, menawarkan produk-produk layanan jasa yang inovatif, memberikan pelayanan yang ramah, serta meningkatkan iklan tentang produk-produk apa saja yang disediakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Word Of Mouth, Brand Awareness, Brand Trust, Minat Beli, dan Keputusan Menggunakan Jasa.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Magister Manajemen > Konsentrasi Manajemen Pemasaran
Depositing User: S.Pd Rhysto Kila
Date Deposited: 30 May 2022 01:13
Last Modified: 30 May 2022 01:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6073

Actions (login required)

View Item View Item