PARA, Victor Imanuel (2021) Pengaruh U-Turn (Putar Balik Arah) Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas Ruas Jalan Piet A. Tallo. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (192kB) |
Abstract
Bukaan median dengan fasilitas u-turn tidak secara keseluruhan mengatasi masalah konflik, sebab gerak u-turn akan menimbulkan masalah konflik tersendiri dalam bentuk hambatan terhadap arus lalu lintas searah dan juga arus lalu lintas yang berlawanan arah. Salah satu pengaruh ketika melakukan gerak u-turn yaitu terhadap kecepatan kendaraan dimana kendaraan akan melambat atau berhenti. Perlambatan ini akan mempengaruhi arus lalu lintas pada arah yang sama. Metode penelitian ini mempelajari tundaan kendaraan searah bagi kendaraan yang tidak akan melakukan u-turn akibat kendaraan yang melakukan u-turn di bukaan median. Lokasi yang diamati yaitu bukaan median Jl. Piet A. Tallo (segmen depan borneo bakery), di Kota Kupang. Dari hasil perhitungan waktu tempuh rata-rata kendaraan yang akan melakukan u-turn sangat dipengaruhi oleh jumlah lajur dan arah serta bukaan median, memiliki 4 lajur 2 arah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | u-turn, waktu tempuh, tundaan kendaraan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TH Building construction T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | SH Yakobus Naben |
Date Deposited: | 09 May 2022 04:39 |
Last Modified: | 09 May 2022 04:39 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6392 |
Actions (login required)
View Item |