MONA, Paulus Tana (2021) Efektivitas Penerapan Teknik Relaksasi Melalui Konseling Kelompok Untuk Mereduksi Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (350kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (47kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (101kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Objek kajian adalah teknik relaksasi, konseling kelompok, kecemasan siswa menghadapi ujian. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder dan jenis data adalah data kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa, alasan penerapan teknik relaksasi melalui konseling kelompok untuk mereduksi kecemasan siswa menghadapi ujian karena teknik ini bermanfaat untuk membantu meredakan stress, ketegangan, ketakutan, dan kekhawatiran. Prosedur penerapan teknik relaksasi melalui konseling kelompok untuk mereduksi kecemasan siswa menghadapi ujian dilaksanakan melalui 4 tahapan konseling kelompok yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran. Pada tahap kegiatan diterapkan teknik relaksasi dengan tahaptahap rasional, instruksi tentang pakaian pemimpin kelompok memberi contoh latihan relaksasi, instruksi untuk relaksasi otot, penilaian setelah latihan pekerjaan rumah, dan tindak lanjut. Efektivitas penerapan teknik relaksasi melalui konseling kelompok untuk mereduksi kecemasan siswa menghadapi ujian didukung oleh artikel hasil penelitian yang ditulis oleh Arizona (2018) yang telah membuktikan bahwa teknik relaksasi melalui konseling kelompok efektif untuk mereduksi kecemasan siswa menghadapi ujian. Peneliti juga mengemukakan saran kepada 1) guru bimbingan dan konseling, diharapkan untuk lebih berupaya meningkatkan keterampilan dalam menggunakan teknik relaksasi melalui konseling kelompok untuk mereduksi kecemasan siswa menghadapi ujian, 2) peneliti, diharapkan untuk lebih memahami dan trampil dalam menggunakan teknik relaksasi melalui konseling kelompok untuk mereduksi kecemasan siswa menghadapi ujian, 3) siswa, diharapkan agar dapat menambah wawasan dan memanfaatkan layanan konseling kelompok untuk mereduksi kecemasan siswa menghadapi ujian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Pd Rhysto Kila |
Date Deposited: | 17 May 2022 03:43 |
Last Modified: | 17 May 2022 03:43 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6482 |
Actions (login required)
View Item |