Efektivitas Penerapan Teknik Relaksasi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Pengurangan Kejenuhan Belajar Peserta Didik

NAMANG, Maria Yosephine G. Jama (2021) Efektivitas Penerapan Teknik Relaksasi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Pengurangan Kejenuhan Belajar Peserta Didik. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (381kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) Alasan penerapan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi kejenuhan belajar peserta didik. 2) Prosedur penerapan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi kejenuhan belajar peserta didik. 3) Efektivitas penerapan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi kejenuhan belajar peserta didik. Metode kajian dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan (library research). Objek kajian penelitian ini yaitu teknik relaksasi, layanan bimbingan kelompok, dan kejenuhan belajar. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder. Jenis data penelitian ini yaitu kualitatif. Hasil pembahasannya adalah 1) Teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok dapat mengurangi kejenuhan belajar peserta didik karena teknik relaksasi ini dapat membuat peserta didik merasa santai sehingga tidak ada kecemasan, kekhawatiran, dan ketegangan dalam diri peserta didik untuk melanjutkan belajarnya. 2) Prosedur penerapan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok dilakukan melalui empat tahap layanan bimbingan kelompok yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap penutupan. Pada tahap kegiatan diterapkan teknik relaksasi dengan langkah-langkah: rasional, petunjuk tentang berpakaian, menciptakan suasana yang nyaman, pemodelan oleh konselor, petunjuk untuk melakukan relaksasi, penilaian pascarelaksasi, pekerjaan rumah dan tindak lanjut. 3) Efektivitas penerapan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi kejenuhan belajar peserta didik didukung oleh artikel hasil penelitian Latuconsina (2020). Berdasarkan penjelasan di atas, peneliti juga mengemukakan saran kepada: 1) Guru Bimbingan dan Konseling diharapkan dapat mempelajari tentang teknik relaksasi agar mampu membantu peserta didik yang mengalami kejenuhan belajar dengan menggunakan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok. 2) Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling diharapkan dapat mempraktekkan dengan baik di kelas bersama teman tentang penggunaan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok utuk mengurangi kejenuhan belajar peserta didik. 3) Peneliti diharapkan dapat menerapkan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok ketika berada di sekolah sebagai salah satu cara untuk membantu peserta didik yang mengalami kejenuhan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Pd Rhysto Kila
Date Deposited: 19 May 2022 02:40
Last Modified: 19 May 2022 02:40
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6505

Actions (login required)

View Item View Item