Analisis Pengaruh Beban Berlebihan (Overload) Terhadap Umur Rencana Jalan (Jalan Claret Matani Sta 0 + 000 – 0 + 900)

LAHI, Kasmirus Yani (2021) Analisis Pengaruh Beban Berlebihan (Overload) Terhadap Umur Rencana Jalan (Jalan Claret Matani Sta 0 + 000 – 0 + 900). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB ll.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)
[img] Text
BAB lll.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
BAB lV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (79kB)

Abstract

Jalan merupakan praserana transportasi darat yang sangat penting dalam menggerak roda perekonomian nasional dan daerah. Mengingat penting dan strategisnya fungsi jalan untuk mendorong distribusi barang dan jasa sekaligus mobilitas penduduk (Hendrasin 2000). Beban kendaraan berat dan kapasitas jalan memiliki hubungan yang sangat erat terhadap kerusakan jalan, dimana beban kendaraan berat merupakan suatu kondisi beban kendaraan suda melebihi beban standar yang digunakan. Kapasitas jalan adalah arus lalu lintas maksimum yang dapat dipertahankan melalui titik jalan dalam suatu keadan tertentu sehingga kerusakan jalan ditunjukan dengan bentuk permukan jalan bisa terjadi sebagai dampak dari ketidak patuhan terhadap regulasi yang ditetapkan pemerentah akan menyebabkan kerusakan pada struktur jalan. Volume kendaraan yang dominan melewati jalan Claret Matani Sta 0 + 000 – 0 + 900, dengan rincian jenis kendaraan : kendaraan berat (bus, truck 2 as dan truck 3 as) 2244.49 smp/jam : kendaraan ringan (sedan, pick up) 2568.34 smp/jam : kendaraan bermotor 2354.20 smp/jam. Jumlah volume kendaraan rata-rata tertinggi secara total adalah jenis kendaraan sepeda motor yaitu 1527.05 smp/jam, sedangkan untuk voume kendaraan terendah adalah kendaraan berat adalah 1020.24 smp/jam. Besar nilai kondisi kerusakan jalan Claret Matani yaitu titik 1 sebesar 31 nilai kerusakan dan pada titik 2 sebesar 26 nilai kerusakan. Total rata-rata nilai kerusakan pada jalan adalah 28,5 %, untuk total dari kedua titik pengamatan ini adalah 57 nilai kerusakan. Hubungan Beban berlebih dan kerusakan jalan sebesar 2.32 smp/jam sedangkan beban muatan berlebih terhadap umur rencana jalan sebesar 11,7 smp/jam dengan umur layanan jalan 10 tahun. Faktor kerusakan jalan bukan hanya beban berlebihan, tetapi ada faktor lain seperti cuaca, keadan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Beban Berlebih, Volume kendaraan, Nilai kondisi Jalan, Umur Rencana Jalan Claret Matani.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 25 May 2022 01:10
Last Modified: 25 May 2022 01:10
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6600

Actions (login required)

View Item View Item