BERRY, Desy Serlia Weni (2021) Analisa Penurunan Umur Rencana Jalan Akibat Volume Kendaraan, Dan Kelebihan Muatan Pada Ruas Jalan Siliwangi, Jalan Garuda, Dan Jalan Sumatra Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (757kB) |
|
Text
02. BAB I.pdf Download (262kB) |
|
Text
03. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) |
|
Text
04. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
|
Text
05. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
06. BAB V.pdf Download (265kB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul analisa penurunan umur rencana jalan akibat volume kendaraan, dan kelebihan muatan pada ruas jalan siliwangi, jalan garuda, dan jalan sumatra kota kupang bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban berlebih dan volume kendaraan terhadap umur rencana jalan. Hasil survey dan data berat muatan berlebih kendaraan menunjukan volume kendaraan dan kelebihan muatan pada ruas jalan siliwangi, jalan garuda, dan jalan sumatra kota kupang berpengaruh terhadap umur rencana jalan pada ruas jalan jalan siliwangi, jalan garuda, dan jalan sumatra kota kupang. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisa yang telah diuraikan tentang pengaruh muatan berlebih terhadap umur rencana, maka dapat disimpulkan Angka ekivalen atau Vehicle Damage Factor (VDF) untuk muatan normal selama umur rencana 10 tahun pada ruas Jalan Siliwangi yaitu 308.377,48, Jalan Garuda yaitu 2.579.817,53, dan Jalan Sumatra yaitu 2.540.036,79 ESAL sedangkan angka ekivalen atau Vehicle Damage Factor (VDF) untuk muatan berlebih selama umur rencana 10 tahun pada ruas jalan Siliwangi yaitu 4190014,38 ESAL, Jalan Garuda 3596398,11 ESAL dan, Jalan Sumatra 3127897,98 ESAL. Beban berlebih memiliki pengaruh terhadap umur rencana jalan dan Dampak dari beban berlebih mengakibatkan penurunan umur rencana, berdasarkan metode AASHTO 1993 penurunan umur rencana pada ruas Jalan Siliwangi, jalan garuda, dan jalan Sumatra yaitu, penurunan umur rencana pada ruas Jalan Siliwangi sebesar 23,19 % atau terjadi penurunan umur rencana sebesar 2,319 tahun, Sehingga persentase peningkatan VDF kumulatif akibat muatan berlebih (overload) pada Jalan Siliwangi adalah sebesar 35,873%. Sedangkan penurunan umur rencana pada ruas Jalan Garuda yaitu sebesar 26,61 % atau terjadi penurunan umur rencana sebesar 26,61 tahun, Sehingga persentase peningkatan VDF kumulatif akibat muatan berlebih (overload) pada Jalan Garuda adalah sebesar 39,405%, dan penurunan umur rencana pada ruas Jalan Sumatra yaitu sebesar 17,43 % atau terjadi penurunan umur rencana sebesar 1,743 tahun, Sehingga persentase peningkatan VDF kumulatif akibat muatan berlebih (overload) pada Jalan Sumatra adalah sebesar 23,144%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Volume Kendaraan, Muatan Berlebih, Umur Rencana Jalan. |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TH Building construction T Technology > TP Chemical technology T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | SH Yakobus Naben |
Date Deposited: | 25 May 2022 00:58 |
Last Modified: | 25 May 2022 00:58 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6606 |
Actions (login required)
View Item |