SONA, Maria Florentina (2016) Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Pelaksanaan Tugas Perkembangan Siswa Pada SMAN 1 Kupang ( Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa-Siswi kelas X-K SMAN 1 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (329kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (200kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
Abstract
Judul Skripsi : Hubungan Antara Konsep Diri dengan Pelaksanaan Tugas Perkembangan Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas X-K SMA Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada hubungan antara Konsep Diri dengan Pelaksanaan Tugas Perkembangan Siswa SMA Negeri 1 Kupang kelas X-K tahun pelajaran 2015-2016? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara konsep diri dengan pelaksanaan tugas perkembangan siswa kelas X-K SMA Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan alat pengumpul data berupa angket. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment dengan tingkat kepercayaan 95% . Hasil analisis data penelitian diketahui rhitung= 0,587. Hasil perhitungan ini dikonsultasikan dengan rtabel dengan derajat kebebasan (db/df)N-2=24, pada taraf kepercayaan 95% sebesar 0,388. Maka Hipotesis nol (Ho) yang berbunyi tidak ada hubungan antara konsep diri dengan pelaksanaan tugas perkembangan siswa kelas XK SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 ditolak sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada hubungan antara konsep diri dengan pelaksanaan tugas perkembangan siswa kelas X-K SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti mengemukakan kesimpulan bahwa ada hubungan antara konsep diri dan pelaksanaan tugas perkembangan siswa-siswi kelas X-K SMA Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini menunjukkan bahwa konsep diri menentukan pelaksanaan tugas perkembangan artinya jika seseorang memiliki konsep diri yang positif maka ia dapat melaksanakan tugas perkembangan dengan baik sebaliknya jika ia mempunyai konsep diri yang negatif maka ia tidak dapat melaksanakan tugas perkembangan dengan baik pula. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti mengemukakan saran-saran sebagai berikut:1) Bagi Kepala Sekolah diharapkan dapat menjadi motivator dalam mendukung wali kelas, guru mata pelajaran, konselor sekolah, dalam memberikan berbagai informasi untuk dapat meningkatkan konsep diri yang positif dalam diri siswa-siswi demi terlaksananya tugas perkembangan yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.2) Bagi Konselor sekolah diharapkan dapat mengembangkan program layanan Bimbingan dan Konseling yang memprioritaskan layanan yang dapat membantu siswa meningkatkan konsep dirinya sehingga pelaksanaan tugas perkembangannya pun dapat terlaksana dengan baik. 3) Bagi Siswa diharapkan agar dapat meningkatkan konsep diri positif dalam dirinya dengan selalu berpikir positif terhadap sesama teman dalam kehidupan sehari-hari agar setiap tugas perkembangan dapat dilaksanakan dengan baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 03:39 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 03:39 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6718 |
Actions (login required)
View Item |