Pengaruh Penerapan Teknik Sosiodrama Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Perilaku Interaksi Sosial Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XII IPA SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016)

BULU, Veronika Meldiana (2016) Pengaruh Penerapan Teknik Sosiodrama Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Perilaku Interaksi Sosial Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XII IPA SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (45kB)

Abstract

Judul skripsi :Pengaruh Penerapan Teknik Sosiodrama Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Perilaku Interaksi Sosial Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XII IPA SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh penerapan teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan perilaku interaksi sosial siswa dalam mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia di kelas XII IPA SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016 ?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan perilaku interaksi sosial siswa dalam mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia di kelas XII IPA SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan tipe praeksperimen. Alat pengumpul data berupa pedoman observasi dan panduan kegiatan teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok. Teknik analisis data berdasarkan pada analisis pra eksprimen subjek tunggal atau single subject design model A-B (pra-post treatment). Analisis dilakukan secara individual. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan perilaku interaksi sosial siswa dalam mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas XII IPA SMA Ki Hajar dewantoro Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Dari hasil penelitian di atas maka Hipotesis nol (Ho) yang berbunyi “tidak ada pengaruh penerapan teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan perilaku interaksi sosial siswa dalam mengikuti pelajaran bahasa indonesia di kelas XII IPA SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun pelajaran 2015/2016 ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ”ada pengaruh penerapan teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan perilaku interaksi sosial siswa dalam mengikuti pelajaran bahasa indonesia di kelas XII IPA SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun pelajaran 2015/2016 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti mengemukakan saran-saran sebagai berikut: 1) Bagi Kepala Sekolah, Kepala sekolah diharapkan agar memperhatikan sarana dan prasarana bimbingan dan konseling, sehingga dapat memperlancar pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah. 2) Bagi Guru BK, Guru BK diharapkan untuk membuat atau merancang program BK yang memungkinkan siswa dapat belajar bekerjasama, dan menghargai guru dan teman siswa. 3) Bagi Guru Mata Pelajaran, Guru mata pelajaran di harapkan agar menggunakan metode pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat bekerjasama, dan menghargai guru dan teman siswa, serta mendukung penuh pelaksanaa BK di sekolah. 4) Bagi Siswa, Siswa diharapkan untuk melaksanakan program bimbingan konseling, dan motode pembelajaran di sekolah untuk peningkatan interaksi sosial khususnya pada perilaku kerjasama, menghargai guru dan tema

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:44
Last Modified: 06 Jun 2022 02:46
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6732

Actions (login required)

View Item View Item