Pengaruh Keterampilan Proses Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Materi Pokok Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016

WALE, Ermelinda Dobhe (2016) Pengaruh Keterampilan Proses Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Materi Pokok Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (252kB)

Abstract

Keterampilan proses merupakan suatu keterampilan yang melibatkan keterampilan-keterampilan kognitif, manual, dan sosial untuk menumbuh dan mengembangkan sampai menguasai sejumlah kemampuan atau keterampilan fisik dan mental tertentu. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir secara mendalam dan logis yang digunakan untuk menganalisis masalah-masalah dan semua informasi yang diterima secara aktif, persisten, dan teliti dengan menyertakan alasan yang rasional sehingga setiap tindakan yang akan dilakukan adalah benar. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang mengaktif siswa dalam mengkonstruksikan konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan -tahapan mengamati, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, menarik kesimpulan, dan mengkomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hukum dasar kimia siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. 2) Mendeskripsikan keterampilan proses dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. 3) Mengetahui ada tidaknya hubungan antara keterampilan proses dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hukum dasar kimia siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. 4) Mengetahui ada tidaknya pengaruh antara keterampilan proses dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hukum dasar kimia siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Kupang berjumlah 45 orang. Jenis penelitian deskriptif dan asosiatif. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1)Efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik (a) Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran termasuk kategori cukup baik dengan skor sebesar 3,43 dan reliabilitas 85,8%. (b) Ketuntasaan indikator hasil belajar meliputi empat aspek: aspek sikap spiritual (KI-1) untuk observasi tuntas dengan P= 0,91% dan angket tuntas dengan P= 0,94%. Indikator aspek sikap sosial (KI-2) untuk observasi tuntas dengan P= 0,87% dan angket tuntas dengan P= 0,81%. Indikator aspek pengetahuan (KI-3) tuntas dengan P= 0,85%. Indikator aspek keterampilan (KI-4) tuntas dengan P= 0,82%. (c) Ketuntasan hasil belajar meliputi: Ketuntasan hasil belajar KI-1 sebesar 92,58%, ketuntasan hasil belajar KI-2 sebesar 82,52%, ketuntasan hasil belajar KI-3 sebesar 80,80%, ketuntasan hasil belajar KI-4 sebesar 80% dan rata-rata ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan sebesar 82%. (2) Kriteria interpretasi keterampilan proses terhadap hasil belajar berada pada taraf baik yaitu sebesar 76,6%. (3) Kriteria interpretasi kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar berada pada taraf tinggi yaitu sebesar 70,1% (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan proses dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa sebesar rX1X2Y = 0.831. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan proses dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa dengan nilai: = 9,287619291 + 0,903455323 + 0,05575353

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses dan Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:15
Last Modified: 14 Jun 2022 02:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6823

Actions (login required)

View Item View Item